Lihat ke Halaman Asli

Kebangkitan

Diperbarui: 17 Juni 2015   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

“know urself and you will win all battles” begitu kiranya ungkapan yg disampaikan oleh Sun Tzu. Ungkapan ini berusaha mengajak kita untuk kembali mengenali siapa diri kita yg sebenarnya. Istilah popular "mencari jati diri" seperti yang dipercayai banya orang, rupanya sudah usang dan memang sekaligus terasa ambigu.

"kembali menjadi diri anda yg awal", seperti anak yang baru dilahirkan yang mewakili kesempurnaan.
Pada saat dilahirkan anda tidak mengenal rasa takut, anda adalah cinta yang murni, polos, memiliki potensi tak terbatas, dan terhubung secara indah dengan tangan tak terlihat yang menciptkan alam semesta.

Kebanyakan dari kita adalah telah kehilangan hubungan dengan diri kita yang sejati. Kita menjalani kehidupan seperti yang diinginkan orang lain terhadap kita. Kita berusha mati-matian agar bisa dtierima dan tampak sama. Dengan indikator kesuksesan yang juga persis sama.
Kita mulai meninggalkan cita-cita terdalam kita sendiri, ketakutan jika kita memilih unuk berjuang dan menjadi berbeda maka kita akan gagal.

"Maka sebagian besar dari mereka yang berusia 20-an sesungguhnya "telah mati", namun baru benar-benar dikuburkan di usia 60-an"




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline