Lihat ke Halaman Asli

Geladi Hominisasi 6

Diperbarui: 23 November 2022   21:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tanggal 19 November 2022 ,Saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi 6 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) Universitas Katolik Parahyangan .Hominisasi memiliki arti memanusiakan manusia.Pada kegiatan ini Nilai-Nilai Dasar UNPAR atau yang biasa disebut dengan SINDU  yang memiliki 3 nilai yaitu : 

Manusia yang Humanum ,Cinta Kasih dalam Kebenaran(Caritas in Veritate) dan Hidup dalam Keberagaman menjadi suatu hal yang diajarkan penting untuk diterapkan dalam kehidupan perkuliahan maupun kehidupan sehari hari .Kegiatan Geladi Hominisasi terdiri dari 3  kegiatan,yaitu : Pra Geladi,Geladi Hominisasi dan pasca Geladi.Kegiatan Geladi  ini diwajibkan untuk diikuti dalam rangka pemenuhan syarat tugas MKU terkait.

Dalam tugas pra Geladi ,terdapat beberapa pertanyaan mengenai bagian syair lagu Indonesia Raya  yang menurut saya menarik beserta alasannya ,Selain itu terdapat pilihan untuk saya memilih salah satu video untuk saya refleksikan kemudian menjawab beberapa pertanyaan terkait dengan video dan pemahaman pribadi . 

Kemudian ,setelah mengerjakan tugas pra Geladi ,Saya mengikuti kegiatan Geladi Hominisasi .Kegiatan Geladi Hominisasi dimulai dengan pemaparan materi yang didalamnya terdapat nilai-nilai SINDU ,Hari Nasional,cara berpikir logis ,tanggung jawab atas kehendak bebas yang dimiliki oleh setiap individu.

Setelah pemaparan materi yang bertujuan untuk menumbuhkan nilai moral ,masing masing individu memasuki ruang diskusi sesuai dengan kelompok yang telah diberikan .

Keseruan yang terdapat pada acara Geladi Hominisasi salah satunya yaitu:bergabung dengan kelompok yang acak ,baik itu acak individu anggotanya dari berbagai macam jurusan dan daerah asal yang membuat kita jadi semakin dekat satu sama lain untuk mengenal lebih dekat.

Pada ruang diskusi para anggota diajak untuk berdiskusi mengenai topik materi sesuai dengan kelompok masing masing secara kritis dan logis.Setelah waktu diskusi selesai ,lalu dibagi lagi menjadi beberapa ruang diskusi yang didalamnya terdapat beberapa kelompok diskusi untuk menyaksikan presentasi dari berbagai kelompok di ruangan tersebut .

Pada masing masing ruang diskusi yang terdiri dari beberapa kelompok ini ,dipilih satu kelompok yang paling baik dalam penyampaian presentasinya untuk maju ke final ,melawan kelompok kelompok yang maju ke final lainnya.Setelah itu terdapat pemilihan suara untuk seluruh peserta Geladi untuk memilih satu kelompok yang menjadi juara pada pemilihan final.  

Pengalaman mengikuti Geladi Hominisasi sangatlah banyak dan sangat berguna untuk dunia perkuliahan saya .Selain menambah wawasan dan berpikir kritis ,Geladi Hominisasi juga memberikan pengalaman dalam kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara .

Dikarenakan dalam berbahasa sehari-hari dengan keluarga,teman maupun dengan lingkungan sekitar kita,diperlukan menggunakan logika berbahasa yang disertai dengan etika berbahasa yang baik dan benar.

Sehingga dengan kita menggunakan logika dan berbahasa sebagai warga negara,makna /tujuan yang hendak disampaikan menjadi tersampaikan sebagaimana harusnya dan tidak menimbulkan makna ganda yang mengubah arti dari kata/kalimat yang diucapkan .

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline