Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui
Media Permainan Ular Tangga Kata Pada Anak
Kelompok B TK Katolik Yos Sudarso Pelem
Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk
Disusun oleh
FLORENTINA SOFITRI WEDHANINGGAR, S.Pd
NIM : 2301033065
PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG)
DALJAB KATEGORI I GELOMBANG 3
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
JANUARI 2024
Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Permainan
Ular Tangga Kata Pada Anak Kelompok B
TK Katolik Yos Sudarso Pelem
Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk
PENDAHULUAN
Periode usia dini merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar dalam rentang kehidupan manusia (Rasmani et al., 2020). Pada usia tersebut anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang paling cepat dan masa ini merupakan masa peka karena anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi anak yang nantinya dapat menentukan masa depan mereka kelak. Masa peka (teachenable moment) yang juga disebut sebagai masa golden age pada anak usia dini muncul sekali seumur hidup harus mendapatkan pelayanan sebaik-baiknya dari orang tua. Apabila pelayanan yang dilakukan oleh orang tua tepat dan baik kepada anak maka perkembangan kreativitas anak juga baik, tetapi sebaliknya apabila pelayanan yang diberikan tidak tepat maka perkembangan ktreativitas anak juga terhambat (Ayu et al., 2021).
Adapun perkembangan tersebut terbagi menjadi 6 aspek, yaitu perkembangan moral- agama, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni (Widayanti & Abidin, 2020). Salah satu dari 6 aspek tersebut adalah perkembangan kognitif. Aspek perkembangan kognitif pada anak perlu diasah dan diberikan stimulus yang tepat agar dapat berkembang dengan baik. Pendidik perlu menyiapkan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan literasi numerasi yang dapat melatih perkembangan kognitifnya