Lihat ke Halaman Asli

Florencia Angelica

Work in silence, until they find out by themselves.

Interpersonal Relationship sebagai Jembatan

Diperbarui: 11 Mei 2021   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: kissclipart.com

Tentunya dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai manusia akan menjalin komunikasi dan relasi dengan sesama. Namun, tahukah Anda bahwa pada dasarnya ada beberapa jenis hubungan antar individu? Yang salah satunya adalah Interpersonal Relationship.

Manusia sudah ditakdirkan untuk hidup saling berinteraksi dengan manusia lainnya. Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, istilah tersebut disebut dengan Interpersonal Relationship. Interpersonal Relationship adalah hubungan antara satu manusia dengan manusia lainnya untuk keperluan tertentu. 

Dalam dunia kerja, seorang pekerja dituntut untuk memiliki Interpersonal Relationship skills yang baik untuk keuntungan dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar. Contoh sederhananya, dalam bekerja kita harus membangun hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja, diluar lingkungan tempat kerja ada beberapa pekerjaan yang menuntut agar pekerjanya bisa membangun relasi yang baik dengan para customer.

Dengan membangun Interpersonal Relationship yang baik dengan customer, diharapkan perusahaan dapat mengerti dan paham apa yang sedang dibutuhkan oleh para target customernya maupun customer lamanya. Interpersonal Relationship dinilai dapat membuka persepsi baru seseorang, menambah pengalaman, memperoleh informasi, dan memperluas hubungan relasi dengan orang lainnya.

Pada judul, dituliskan bahwa Interpersonal Relationship dapat menjadi jembatan. Jembatan untuk mereka yang sedang mencari kerja, mereka bisa mendapatkan informasi lowongan kerja yang tersedia. Jembatan untuk membangun relasi yang kuat dengan rekan kerja sehingga dapat bekerja sama dengan baik. Jembatan untuk dapat menargetkan target customer yang baru dan mendapatkan customer. Jembatan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak lainnya, dan analogi jembatan-jembatan lainnya.

Seringkali, dalam suatu perusahaan, antar karyawan belum tentu memiliki Interpersonal Relationship yang baik. Hal ini bisa dikarenakan adanya perbedaan budaya, perbedaan latar belakang, perbedaan pendapat, dan konflik lainnya. Jika sudah dari internal saja sudah tidak baik, bagaimana akan membangun relasi dengan para customernya? Ini menjadi PR untuk pihak Manajemen HRD di perusahaan yang memiliki masalah serupa. perlu ditinjau dan dikaji kembali. Apakah perlu dihadirkan mentor? Apakah perlu dibentuk suatu pekerjaan yang mengharuskan bekerja dalam tim? Semua itu tergantung dari kebijakan Manajemen SDM perusahaan. Intinya, dalam Interpersonal Relationship, kita harus terbuka terhadap kritik dan saran dari berbagai sudut pihak dan pandang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline