Lihat ke Halaman Asli

Flexy Pack

Be Like a Million Dollar Brand

Strategi Pemasaran yang Patut Dicoba!

Diperbarui: 26 Februari 2020   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cetak plastik kemasan--unblast.com

Setelah membuat produk dengan sangat teliti untuk menghasilkan produk berkualitas yang layak dikonsumsi masyarakat, kamu harus memasarkan produk tersebut untuk dikenal banyak orang. Dan tentu saja untuk mendapatkan cuan dari produk yang kamu jual. Tapi apakah kamu sedang berada di tahap bingung karena enggak tahu gimana strategi pemasaran produk yang tepat?

Sebagai seorang pebisnis, tahapan dalam memasarkan produk emang bisa jadi bikin kepala pusing. Hal ini mungkin karena kamu yang enggak begitu paham soal teknik pemasaran yang baik atau memang ada banyak kendala dan rintangan yang cukup banyak dialami bisnis kamu.

Tapi enggak perlu khawatir, di artikel kali ini kita bakal bahas banyak hal soal strategi pemasaran produk yang harus baget kamu coba. Strategi pemasaran produk yang tepat bisa mendatangkan dua hal penting yang jadi goals selama ini, brand awareness dan peningkatan penjualan. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Adakan giveaway dengan hadiah produk kamu

Siapa yang enggak suka dikasih hadiah? Semua orang menyukainya. Kamu bisa manfaatin cara ini untuk memperkenalkan produk kamu (apalagi jika produk kamu masih tergolong baru). Hal ini bisa banget untuk dicoba lewat media sosial.

Melakukan cara ini enggak hanya mengajak konsumen untuk kenalan sama produk kamu, tapi juga narik lebih banyak konsumen untuk mampir ke lapak bisnis kamu di media sosial atau website yang kamu gunakan. Jadi satu cara dilakukan tapi banyak hal ikut punya dampak positifnya.

Misalnya kamu bisa kasih tantangan ke konsumen untuk melakukan sesuatu yang hadiahnya adalah salah satu dari produk yang kamu jual. Cara ini sebenarnya cukup sukses loh, dan belum begitu banyak pengusaha yang melakukannya. Selanjutnya kamu juga bisa meminta ulasan dari hadiah yang sudah diberikan.

Buat target market

Membuat target market juga salah satu dari strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Menyusun target market yang tepat bisa jadi amunisi untuk strategi yang ada ke depannya.

Ketika sedang melakukan penjualan, jangan lupa untuk meminta beberapa data konsumen untuk kemudian bisa dijadikan bahan untuk mempererat hubungan. Misalnya dengan meminta data e-mail yang ada untuk kemudian bisa dikirim informasi penawaran produk dan hal sejenisnya.

Gunakan media sosial

Saat ini Anda bisa punya sumber yang sangat banyak untuk digunakan sebagai tempat berjualan atau pemasaran. Secara offline ada supermarket yang bisa digunakan untuk pemasaran, ada juga kegiatan bazaar yang bisa diikuti, atau cara pemasaran seperti Multi-Level Marketing (MLM) yang bisa digunakan.

Kemajuan teknologi saat ini juga membawa banyak kemudahan seperti adanya media sosial yang bisa digunakan untuk pemasaran. Enggak cuman media sosial, ada juga website yang bisa lebih spesifik nampilin dan menonjolkan semua produk kamu. Portal marketplace juga ada untuk kamu yang suka untuk bersaing secara harga.

Menggunakan sumber-sumber yang sudah tersedia bebas tersebut bisa jadi strategi pemasaran yang sangat baik. Hal ini karena ada banyak hal yang bisa dilakukan di dunia maya, kamu bahkan bisa menjangkau konsumen yang ada di negara lain. Dengan berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian khalayak dunia maya, kamu bisa terus eksplor cara ini.

Terlibat jadi sponsor atau partnership

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline