Lihat ke Halaman Asli

Renungan Kristen: Penyertaan Tuhan yang Sempurna: Keluaran 15:22-27

Diperbarui: 20 Oktober 2024   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi pribadi diedit dengan Canva

 Dalam hidup kita melewati berbagai peristiwa yang tidak mudah untuk dilewati dan harus diakui beberapa peristiwa tidak pernah kita pikirkan sama sekali. Siapa dari kita yang menyangka akan ada masa dimana kita senua berjibaku dengan pandemi, kita dikurung dalam rumah bahkan kehilangan orang yang kita kenal atau kita kasihi karena direngkuh pandemi. Belum lagi pegumulan-pergumulan yang sering kita alami namun tetap terasa perih ketika dihadapi seperti: harga beberapa bahan pokok yang meninggi, tagihan listrik dan air yang naik.  Hal-hal menakutkan seakan tak berhenti terjadi menimbulkan banyak kegelisahan di hati. Pergumulan-pergumulan pribadi  kerap menghadirkan resah dan was-was dalam diri. Namun yang menjadi masalah ialah seringkali ketakutan-ketakutan tersebut bertumpuk, bertumpuk dan semakin bertumpuk hingga membuat mata tak lagi bisa melihat dengan jelas kesempurnaan Penyertaan Tuhan dalam kehidupan kita. Mata dan hati kita tertutup oleh pergumulan-pergumulan kita. Melalui Keluaran  15:22-27 kita akan belajar betapa sempurnanya penyertaan Tuhan bagi kita, bahkan meski dalam sungut-sungut kita.

Jangan biarkan rasa khawatir menutupi mata kita terhadap penyertaan Tuhan

Hal ini terjadi pada umat Israel, Dalam perjalanan mereka sampailah mereka di padang gurun syur, dan menipislah persediaan air mereka, tenggorokan mulai kering, mungkin anak-anak juga mulai merengek-rengek karena haus. Mereka mulai panik, selama tiga hari mereka berjalan, tidak ada tanda-tanda menemukan sumber air.

Tiba-tiba di hari yang ketiga perjalanan mereka,  akhirnya mereka menemukan sebuah mata air, mungkin mereka berpikir inilah akhir dari penderitaan mereka, bisa jadi mereka berharap rasa dahaga mereka akan terobati dengan penemuan mereka ini. Namun yang terjadi ketika mereka mencoba meminum air tersebut air itu ternyata pahit. Hancurlah harapan mereka rusaklah angan mereka, impian mereka akan kelegaan berganti kekecewaan. Yang menjadi masalah kemudian adalah umat Israel meresponi masalah ini dengan bersungut-sungut.

Kita bisa membayangkan betapa menjengkelkannya orang yang bersungut-sungut. Bahkan saya pikir banyak dari kita akan membatalkan kerja sama atau batal meminta pertolongan seseorang jika kita tahu orang tersebut adalah orang yang suka bersungut-sungut. Satu orang yang bersungut-sungut sudah sangat menjengkelkan apalagi dalam peristiwa ini ada ribuan bahkan mungkin lebih dari satu juta  manusia[1] yang bersungut-sungut. 

Mereka bersungut-sungut, protes dan mengomel kepada Musa. Baru saja beberapa hari yang lalu mereka melihat bagaimana Allah bertindak dengan Ajaib untuk melindungi mereka, membelah laut teberau, menenggelamkan Firaun dan pasukannya, baru saja mereka berbaris memuji-muji Tuhan melalui Lagu, tari-tarian dan tabuhan rebana yang dipimpin Miryam  karena kemenangan yang Tuhan berikan, bahkan tiang awan dan tiang Api bukti penyertaan dan perlindungan Tuhan itu masih terihat oleh mata kepala mereka. Namun yang rasa haus mengaburkan pandangan mereka terhadap besarnya kuasa Allah.

Rasa haus membuat mereka lupa akan pemeliharaan yang sempurna yang dinyatakan Allah kepada mereka. Penderitaan mereka tidak membawa mereka pada pertumbuhan dan pernyataan iman, malah membawa mereka kepada sungut-sungut yang menjengkelkan.

Saya sebagai seorang ayah terkadang terbersit kekhawatiran, dapatkah kelak anak saya bertumbuh dengan baik dalam derasnya arus informasi masa kini? Bisakah anak saya kelak bersaing namun juga menyaring segala model informasi yang dia terima? Belum lagi beragam kejahatan yang terjadi dalam belakangan ini terkadang membuat gentar hati saya.

Padahal firman Tuhan dalam Mazmur 1121-2 'Haleluya! Berbahagialah orang yang takut akan TUHAN, yang sangat suka kepada segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; angkatan orang benar akan diberkati.' Atau Mazmur 3723-24 TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya. 

Melalui firman-Nya dengan jelas Tuhan bicara bahwa jika saya hidup saya benar dihadapan Tuhan maka bahkan sampai anak cucu saya akan beroleh berkat dan perlindungan, sekalipun saya jatuh tak akan sampai tergeletak.  Janji Tuhan jelas dan tidak berubah namun yang terjadi pandangan saya terhadap janji Allah menjadi kabur tertutupi oleh kekhawatiran saya.

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline