Teknologi merupakan sebuah alat kecanggihan dengan menggunakan rangakaian sistematik sehingga berperan dalam kehidupan sehari -- hari. Dalam keyantaanya sebenrnya disekeliling kita sungguh banyak kecanggihan teknologi yang tidak bisa terabaikan begitu saja mulai dari nyala lampu, handphone yang dipegang sehari -- hari dan masih banyak lagi. Itu semua tentu dengan adanya pemanfaatan secara teori dan penerapannya dikehidupan nyata.
TIK saat ini sangat berpengaruh untuk zaman yang serba canggih dimana kita membuiat sesuatu dengan memanfaatkan teknologi dan akan sangat berkembang pesat. Contohnya seperti membuat aplikasi game. Teknologi masa kini sudah berkembang pesat.
Kehadirannya pun semakin melekat di kalangan masyarakat dan seakan menjadi kebutuhan pokok. Dengan adanya hal ini tentunya terdapat celah di mana teknologi tersebut dapat dimanfaatkan. Untuk mendapat manfaat yang optimal sekaligus menangani permasalahan diatas diperlukan suatu metode yang efisien. Metode ini dapat diwujudkan dengan memadukan antara teknologi, pembelajaran, dan bermain.
Dalam pembuatan aplikasi game harus dirancang terlebih dahulu rancangan permainan nya seperti apa, sistemnya bagaimana dan akan memakan waktu yang cukup lama Aplikasi ini mempunyai perbedaan mendasar yang dibuat dengan software utama yaitu Construct 2 yaitu sebuah software yang digunakan sebagai pembuatan game tanpa ada penulisan kode pemrograman coding selain itu Construct 2 mendukung berbagai platform seperti PC, iPhone, Ipad, Android, dan browser.
Materi yang akan disampaikan dalam game yaitu bisa berupa text kalimat atau gambar. Jika akan membuat rancangan aplikasi game, sebelumnya harus membuat konsep storboard yang berupa rangkaian alu visual untuk mengurutkan urutan system yang akan dibangun
Kemudian buat karakter dalam game, bisa berupa gambar kartun visual ataupun animasi lainnya yang menambah kesan unik pada rangakaiannya.
Setelah itu untul pembuatan aplikasi sudah banyak aplikasi yang dipakai seperti memanfaatkan coreldraw untuk membuat objek 2D, AVS audio untuk mengolah audio suara dan sebagainya. Setelah melewati proses pembuatan selanjutnya ada pengujian sebuah system jika ingin dipasarkan tentu harus melewati pengujian apakah berfungsi dengan baik atau tidak, apakah terjadi gangguan dan bagaimana.
Aplikasi game yang mungkin saat ini sangat digencar sekali oleh anak -- anak. Aplikasi game sendiri dibuat dengan suatu system untuk memerintahkan apa yang diperintahkan. Tetapi dengan adanya berbagai macam contoh aplikasi game yang dibuat tentu banyak juga dampak positive dan negative yang bisa terjadi pada anak -- anak.
Dimulai dari dampak positive anak-anak bisa mengetahui bagaiamana penggunakan dari sebuah aplikasi dan bisa dimenegerti oleh anak-anak, Kemudian bisa menjadi hiburan semata untuk menghilangkan penat dari lama nya proses belajar disekolah, lalu anak dapat melatih kemampuan berpuikir dalam memecahkan suatu masalah, melatih kreativitas serta pengendalian emosi ketika menghadapi suatu permasalahan, melatih sifat pantang menyerah contohnya ketika kalah dalam satu permainan pasti akan mencoba terus -- menerus sampai menang.
Selain itu jika ada dampak positive tentu adapula dampak negative yang dihadirkan dari aplikasi game. Pertama, anak akan merasa kecanduan jika terus-menerus bermain aplikasi game jika tidak di batasi. Kedua, anak akan merasa malas beraktivitas jika sudah kecanduan dengan game dan semua kegiatan anak akan berantakan seperti rasa malas untuk mengerjakan tugas -- tugas, belajar dan banyak waktu yang terbengakalai.
Ketiga, jika anak sudah menatap layar handphone atau computer bisa menyebabkan radiasi pada anak dan kebanyakan anak kecil zaman sekarang usia 8 -- 15 tahun sudah menggunakan kacamata tentu itu sangat tidak sehat untuk anak umur segitu sudah mempunyai Riwayat mata minus dan sebagainya.