Lihat ke Halaman Asli

Lancung

Diperbarui: 17 Juni 2024   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Aku mencintai kedua orang tuaku.

Namun, mereka membuatku buncah beberapa hari lalu. Sekonyong-konyong mereka memutuskan untuk berbulan madu sendiri, padahal aku sebentar lagi liburan sekolah! Kenapa sih tidak menunggu masa sekolahku di semester ini usai dan pergi liburan bersama? Apa sih yang mereka pikirkan saat meninggalkan anak tunggalnya sendirian bersama kucing peliharaan? 

Aku mencoba untuk bertingkah positif dan ternyata tinggal sendirian di rumah itu tidak buruk juga! Menyetel musik kencang-kencang, menggunakan kamar mandi tanpa menutup pintu, bergadang bermain gim konsol, makan makanan ringan dan minuman bersoda sepuasnya, pokoknya asalkan tidak menonton televisi, aku rasa aku akan baik-baik saja.

Kenapa? 

Mula-mula, aku menguasai televisi sendirian. Aku pikir itu adalah ide yang bagus. Tapi, karena aku sering menonton bersama kedua orang tuaku, aku tidak sanggup melihat apapun yang ditampilkan benda elektronik itu. Aku merasa sedih dan sejak saat itu indra pendengaranku begitu tajam hingga membuat bulu kudukku bergidik! Aku berjanji tak akan menyalakan benda sialan itu lagi!

Awalnya aku mendengar suara kedua orang tuaku. Aku tak mengindahkannya karena menganggap suara-suara dalam kepalaku itu tanda rasa rindu kepada mereka. Tapi, semakin lama aku semakin yakin bahwa suara itu bukan dari kepalaku! Aku melihatnya sendiri! Kucingku dapat berbicara dan suaranya sama persis dengan suara mereka! 

Aku sempat sering keluar rumah karena suara-suara itu. Aku tak tahan berada di rumah terlalu lama. Jadi, setelah beberapa hari absen sekolah, aku memberanikan diri untuk datang ke kelas. Untungnya, kegiatan belajar mengajar diadakan secara online, jadi aku hanya perlu menempatkan bokongku di kursi warung kopi, dan menghabiskan waktu mendengar omong kosong. Banyak yang menanyakan kabarku, tapi terus kukatakan bahwa aku baik-baik saja. Toh, aku sendirian karena ayah dan ibu hanya berbulan madu. Tapi, suara itu! Mereka tidak ingin aku berada di luar rumah! Mereka menjadi semakin berisik, dan memekikkan telinga.

Jadi, itulah alasan aku mengunci diri lagi di rumah. Menghadapi suara-suara itu. Musik dengan volume paling keras pun tidak mampu mengusirnya. Suara-suara itu selalu memanggil namaku! Suara ayah, suara ibu. Mereka memanggilku! Aku tahu kalau rasa rindu ini akan hilang jika aku menelepon mereka. Tapi, justru aku akan hidup dalam kengerian luar biasa jika mendengar suara mereka secara langsung! 

Aku jadi sering bertemu dengan tetangga yang kerap mengetuk pintu rumah untuk sekedar menanyakan bagaimana kabarku, atau apakah aku masih punya cukup uang. Aku selalu baik-baik saja, dan aku punya tabungan, lalu kedua orang tuaku juga selalu menyiapkan uang darurat di rumah. Aku ingin bilang bahwa tetangga-tetanggaku orang yang baik dan perhatian. Namun, mereka terus-menerus mengucapkan hal yang sama!

Kau pasti bisa melewati masa ini.

Jangan terlalu berpikir negatif.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline