PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DALAM KURIKULUM VOKASIONAL GUNA MENDUKUNG JIWA PATRIOTIS
Oleh : Fiyanka Amelia Putri
Sejatinya, seluruh elemen dan konsep pendidikan di Indonesia memiliki tujuan untuk memajukan bangsa agar tidak tertinggal dengan bangsa-bangsa yang lain. Dalam hal ini, kurikulum vokasional banyak menyumbang peran dalam ranah kewirausahaan. Banyak program studi vokasi yang memberikan keilmuan ekonomi terapan, guna membangun jati diri seorang wirausahawan yang nantinya dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan kesejahteraan UMKM ataupun produk lokal Indonesia. Menciptakan bisnis dan membuatnya menjadi dikenal semua kalangan bahkan dari manca negara adalah bukti bahwa sudah tertanam jiwa patriotis dalam diri anak-anak Indonesia.
Adanya kurikulum vokasional semakin menambah jiwa patriotis anak-anak Indonesia, karena konsep kurikulum ini adalah ''Kerja Nyata'' dimana murid-murid yang mengambil kurikulum ini tidak hanya diberi materi namun juga langsung mempraktikan teori yang dipelajari. Pada zaman modern seperti sekarang, banyak pemuda pemudi yang memiliki impian menjadi pebisnis, hingga investor.
Untuk mendukung pendidikan kewirausahaan dalam kurikulum vokasional yang dapat mendukung jiwa patriotis, dapat dilakukan cara-cara sebagai berikut :
1. Mencantumkan materi mengenai bagaimana usaha lokal atau UMKM dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nya
2. Melatih murid agar berinovasi mengenai produk-produk yang akan dihasilkan,yang nantinya dapat dipromosikan ke kalangan yang lebih luas
3. Mencantumkan materi dimana para murid dapat berinovasi dengan membuat produk hasil pemikiran mereka, namun tetap ada unsure kearifan lokal ataupun yang dapat melestarikan kebudayaan lokal
4. Mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia melalui magang atau hal lain yang dapat membantu menambah pengalaman dan juga untuk mengurangi tingkat pengangguran
5. Membuat proyek nyata yang nantinya bersifat keberlanjutan. Dimana proyek murid dapat diteruskan hingga menjadi sebuah usaha yang dapat terus berinovasi
Beberapa cara di atas dapat digunakan dalam kurikulum vokasional pada bidang kewirausahaan. Tentunya tenaga pendidik sangat berperan penting sebagai pengarah untuk membentuk jiwa patriotis kaum muda melalui kewirausahaan yang dikemas dalam kurikulum vokasional.