Lihat ke Halaman Asli

KEMACETAN PERLU TINDAKAN.

Diperbarui: 26 Juni 2015   10:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dizaman yang makin tua ini kita tidak bisa mnghindari kemacetan. Setiap hari kita tidak bisa mnenghindari jalan raya apalagi orang yang memiliki aktifitas yang banyak diluar rumah.

Kemacetan adalah salah satu masalah yang sulit untuk diselesaikan, apalagi dengan kebiasaan masyarakat sekarang yang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi sehingga kemacetan mau tidak mau tidak bisa dihindari. Tingkat kepadatan penduduk pun ikut mempengaruhi terjadinya kemacetan karena volume kendaraan makin bertambah ikut menjadi salah satu faktor kemacetan.

Manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya termasuk melakukkan aktifitas sehari-hari, yang mana kadang-kadang mengharuskan mereka berkendara. Akibat kebutuhan berkendara yang terlalu sering dan kadang-kadang diburu dengan waktu, banyak orang yang memilih menggunakan kendaraan pribadi dan semakin banyak orang yang memilih kendaraan pribadi maka jalanan akan semakin padat dan menambah daftar kemacetan.merekan menganggap deangn kendaraan pribadi mereka bisa menghemat waktu dan biaya, juga dengan kendaraaan pribadi kita lebih efektif dan efisien dalam melakukan kegiatan.

Kemacetan banyak terjadi dikota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Jakarta terkenal dengan kemacetannya yang parah, disamping karena sebagai pusat kota, Jakarta juga sebagai pusat pemerintahan jadi banyak orang beraktivitas disana dan banyak orang yang menganggap bila di Jakarta bisa mendapatkan pekerjaan sehingga banyak orang berbondong-bondong ke Jakarta untuk mencari pekerjaan walaupun hanya menjadi pedagang asongan. Setiap tahunmakin banyak orang yang mengadunasib ke Jakarta sehingga makin lama makin banyak orang yang mengadu nasib ke Jakarta sehingga makin padatlah Jakarta termasuk di kawasan jalan raya dan kemacetan tak terhindarkan.

Kemacetan membutuhkan perhatian yang lebih untuk mengatasinya karena kemacetan sudah termasuk kedalam masalah global yang harus segera diatasi demi kelancaran aktivitas masyarakat.

Kemacetan bisa diatasi salah satunya dengan menekan penggunaan kendaraan pribadi. Pemerintah harus ikut berperan dalam mengatasi kemacetan ini agar pemerintah memperbaiki fasilitas, baik fasilitas jalan raya maupun kendaraan umum untuk menunjang aktivitas masyarakat agar tidak selalu menggunakan kendaraan pribadi. Tidak kurang masyarakat yang mengeluhkan masalah fasilitas umum yang tidak nyaman dan kurangnya kapasitas kendaraan yang tidak memadai sehingga mereka memilih menggunakan kendaraan pribadi yang mengakibatkan kemacetan. Dari itulah perlu adanya kerjasama pemerintah dan masyarakat untuk bekerjasama mengatasi kemacetan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline