Lihat ke Halaman Asli

Fivie Anjely

Mahasiswa administrasi pendidikan, FKIP, UNJA

Pengaruh Politik dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Diperbarui: 28 Mei 2022   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Secara tegas pendidikan di indonesia telah di atur oleh undang undang dasar 1945, yanga mana pada pasal 29 dan termasuk mandemen nya. Pendidikan yang menjadi tanggung jawab serta kewajibana negara yang mana di dukung oleh setiap warga negaranya.

 Pendidikan dan politik yaitu saling berhubungan dan sangat erat kaitan nya denga kondisi seprti itu maka kita tau bahawa politik disuatu negara terkhusus di indonesia snagat menentukan arah dari pendidikan di negara tersebut, masyarakat memahami 2 hal mengenai keterkaitan politik dan pendidikan, yanag pertama yaitu ada dari kelompok masyarakat yang mengatakanpolitik dan pendidikan tidak berhubungan yanag mana mesyarakaat tersebut managatakan politik ya adalah politik dan pendidikan adalaha pendidikan, namaun ada juga masyarakat yang berpendapat lain yanag mana ia berpendapat bahwa politik dan pendidikan sangatlah erat hubungan nya dan saling berkaitan satu sama lain.

Dalam melaksanakan sebuah sisitem pendididkan nasonal ada satu peraturan yang tercantum dalam pasal 31 ayat 3 undang-undang dasar 1945. Untuk menjamin mutu pendidikan jadi pemerintah membuat atau menyusun sgtandar pendidikan nasional

Yang mana pengaruh politik terhadap sistempendidikan nasional, yang mana terdapat ketentuan pada undang undang dasar yang mana hal itu di tindaklanjuti dalam bentuk undang-undang nomor 20 tahun 2003 yang mana tentang sistem pendidikan nasional yanag mana hal ini hasil dari konsesus politik, di sini ada 5 pengaruh politik dalam dunia pendidikan di indonesia yaitu sebagai berikut:

  • Yanag mana politik sangat berpengaruh terhadapaktivitas pendidikan dalam menciptakan nilai serta harapan masyarakat seperti yang di butuhkan oleh suatu negara yaitu salah satunya negara indonesia.
  • Kemudian politik juga berpengaruh terhadap biaya atau anggran pendidikan diindonesia.
  • Yang ketiga yaitu  politik juga mempengaruhi sumber daya pendidikan seperti gaji guru  sarana dan prasarana yang akan menjadi penunjang kegiatan belajar.
  • Yang ke empat ini di jelaskan bahwa politik juga mempengaruhi pada sistem persekolahan yang mana hal ini berbentuk seperti penerimaan siswa baru, sistem penghargaan terhadap guru.
  • Kemudian yang terakhir yaitu di sini juga di jelaskan bahwa politik mempengaruhi pata mutu sumber daya manusia pada suatu instansi persekolahan yang mana di llihat dari bagaimana lulusan pendidikan berperilkaku politik, berperilaku budaya serta berperilaku ekonomi dan sosial.

Tidak hanya itu politik juga berpengaruh terhadap kurikulum pendidikan diindonesia hal itu terjadi karena terjadinya penghapusan beberapa mata pelajaran serta penggabungan materi pelajaran yang ertujuan untuk efisiensi dan keefektifitas dari pendidikan itu sendiri. Yanag mana perubahan kurikulum yang diakibatkan dengan fatktor dari politik juga banayak menimbukan masalah baru, dalam hal ini orang yang berhak dalam mengambil kebijakan ataupun keputusan padabidang pendidikan yang kurang peduli dan juga tidak mengambil keputusan untuk membuat dunia pendidikan bebas dari praktik-praktik bisnis politik. Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa politik ini berperan bahkan sangat berpengaruh dalam dunia pedidikan yag mana politik ini mempengaruhi pendidikan di indonesia .

Sumber:

Susanto, 2016. Pengaruh politik hukum terhadap sistem pendidikan nasional. Surakarta.

Mahfud MD, Hukum tak Kunjung Tegak, PT Citra Aditya Bhakti, Bandung, 2007) yang berisi betapa mandulnya hukum di Indonesia jika berhadapan dengan politik.

Daniel S. Lev, Hukum dan Politik di Indonesia Kesinambungan dan Perubahan, LP3ES, Jakarta, 1990.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline