Lihat ke Halaman Asli

Bersama Komunitas BISA, kita Bisa

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14284843861270146130

Berawal dari ajakan seorang teman sesama relawan Kelas Inspirasi Bandung#3, tercetus ide yang sama untuk mengajar dan berbagi kepada adek2 yg bersekolah di Timur Bandung. Kang Renza begitulah akrab nya nama teman saya disapa. Kami menamakan diri Komunitas BISA [Bangkitkan Inspirasi Anak Bangsa]

[caption id="attachment_359768" align="aligncenter" width="300" caption="Inspirator Komunitas Bisa"][/caption]

Bersama Kang Iwan Manik, dan teman lainnya survey beberapa sekolah di Rancaekek dan Cicalengka, 1,5 Jam dari Kota Bandung jika mengendarai mobil.

Project pertama kami dimulai 28 Februari 2015 yang lalu. Kami mengunjungi SMP PGRI Haur Pugur. Sejumlah teman-teman relawan dari Bandung dan Jakarta berkumpul di Kota Bandung pada Subuh hari merencanakan project pertama ini berjalan lancar. Alhamdulilah tepat jam 7.30 kami datang, dan setelah briefing kami mulai berbagi dengan adek-adek SMP mengenai ilmu yang sehari-hari tentang pekerjaan kami dan cita-cita mereka. Acara berakhir pukul 12.00 ditandai dengan mengisi pohon cita-cita. Cita-cita anak-anak sekarang sangat kreatif dibandingkan dengan ketika saya masih SD aau SMP dahulu.

Project kedua kami terlaksana 4 April 2015 kemarin. 29 orang relawan berkumpul menuju MI dan MTS Al Husainiyah Cicalengka. 23 Inspirator dan 6 dokumentator memberikan dedikasinya untuk santri yang siap menjadi anak-anak cerdas bangsa nantinya. Kami datang dari Jakarta, dan Bandung. Saya sangat terharu ketika sy berhasil mengajak rekan saya sesama relawan di Asean Literary Festival. Dua anak muda Jakarta Amski, dan Wibi, juga berhasil mengajak rekan-rekan mereka sesama mahasiswa.

[caption id="attachment_359770" align="aligncenter" width="300" caption="Bendera Cita-cita"]

1428484600455261268

[/caption]

Kami saling berbagi ilmu, bermain di lapangan sekolah, dan bercerita bagaimana usaha untuk berhasil meraih cita-cita. Akhir acara ditutup oleh pemberian Hadiah untuk kelompok yang menang dan sepaket Asuransi selama satu tahun untuk anggota sekolah, termasuk guru dan murid.

Satu hal yang mengharukan hari ini adalah testimoni yang masuk ke salah seorang relawan. Ketika seorang rekan kami berbagi cerita tentang pengusaha, beberapa siswa sudah mengaplikasikannya dengan membuka Fashion On Line Shop. Terharu rasanya ketika anak-anak bangsa yang cerdas ini memimpikan kesuksesan sejak usia dini.

[caption id="attachment_359772" align="aligncenter" width="300" caption="Pohon Cita-cita"]

1428484698198028676

[/caption]

Yukk kita dukung mereka dalam doa, kita bangkitkan aspirasi mereka bersama-sama, dan mari kita dukung program pendidikan yang mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Hiduplah seakan-akan kamu mati esok, belajarlah seakan-akan kamu hidup selamanya - Mahatma Gandhi-




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline