Lihat ke Halaman Asli

Fitriyatul Maunah

Guru Taman Kanak - Kanak

Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini

Diperbarui: 19 November 2022   22:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

halooooo...... sahabat kompasiana 

kali ini saya akan berbagi sedikit tentang PTK yang pernah saya tulis terkait 

''Penerapan Metode Finger Painting Untuk Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini'' 

BAB I 

PENDAHULUAN 

Latar Belakang 

Dunia  anak sejatinya adalah dunia bermain. Terkadang para orang tua kesal melihat anaknya agak susah di atur. Kertas yang di sobek -- sobek, tembok yang di coret -- coret serta mainan yang berhamburan di mana -- mana. Sebenarnya  dalam dunia pendidikan tiadak ada anak nakal, yang ada adalah anak kreatif. Kreativitas tidak hanya bakat dalam bidang seni atau musik. 

Akan tetapi meliputi cara berpikir kreatif dalam setiap bidang.Anak merupakan salah satu aset bangsa di masa depan, untuk itu diperlukan anak -- anak yang tidak hanya memiliki intelektualitas yang tinggi, namun memiliki kreativitas yang tingi pula. 

Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan peranan guru dalam menyediakan sarana dan metode yang dapat menunjang kegiatan  anak. Oleh karena itu melukis sederhana menggunakan metode finger painting sebagai bagian dari sarana pendidikan seni harus dapat memberikan kebebasan dalam pelaksanaanya, berproses kreatif , imajinatif dan mampu mengekspresikan kemampuan anak. 

Ada beberapa indikator sumber daya manusia yang berkualitas, satu diantaranya adalah munculnya produk kreatif seseorang. Semakin tinggi potensi kreativitas seseorang dan di dukung keterbukaan wahana untuk mengekspresikan kreativitasnya, maka semakin terbuka peluang munculnya produk kreatif. 

Untuk meningkatkan kreativitas anak dalam kegiatan melukis sederhana, peneliti akan memberikan kegiatan melukis sederhana dengan pendekatan behavioristik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline