Lihat ke Halaman Asli

Fitri Yanti

Mahasiswa

Model-model Pembelajaran

Diperbarui: 2 Desember 2024   14:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

DAFTAR ISI 

KATA PENGANTAR


BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
B.  Rumusan Masalah
C.  Tujuan

  BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Model Pembelajaran
B.  Hakikat Belajar dan Pembelajaran
C.  Dasar Pertimbangan Pemilihan dan               Model Pembelajaran
D. Ciri-ciri Model Pembelajaran
E. Macam-macam Model Pembelajaran


  BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
            

    DAFTAR PUSTAKA

                                 BAB I
                   PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
          Belajar pada hakikatnya adalah proses interaksi terhadap semua situasi yang ada di sekitar individu. Belajar dapat dipandang sebagai proses yang diarahkan kepada tujuan dan proses tersebut melalui berbagai pengalaman. Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku mengajar dan perilaku belajar tersebut terkait dengan bahan pembelajaran. Bahan pembelajaran dapat berupa pengetahuan, nilai-nilai kesusilaan, seni, agama, sikap, dan keterampilan. Hubungan antara guru, siswa dan bahan ajar bersifat dinamis dan kompleks. Untuk mencapai keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran, terdapat beberapa komponen yang dapat menunjang, yaitu komponen tujuan, komponen materi, komponen strategi belajar mengajar, dan komponen evaluasi. Masing-masing komponen tersebut saling terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain. Dan komponen-komponen pembelajaran tersebut harus diperhatikan oleh guru dalam memilih dan menentukan model-model pembelajaran apa yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Model-model pembelajaran biasanya disusun berdasarkan berbagai prinsip atau teori sebagai pijakan dalam pengembangannya. Biasanya mempelajari model-model pembelajaran didasarkan pada teori belajar yang di kelompokan menjadi empat model pembelajaran. Model tersebut merupakan pola umum perilaku pembelajaran untuk mencapai kompetensi/tujuan pembelajaran yang diharapkan. Jocyce & Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum dan pembelajaran di kelas atau di luar kelas. Model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan, artinya para guru boleh memilih model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran.

B. Rumusan Masalah
         Berdasarkan latar belakang tersebut, maka muncullah permasalahan-permasalahan, yaitu :
1. Sebutkan pengertian model                                pembelajaran?
2. Sebutkan hakikat dari belajar dan                  pembelajaran
3. Apa saja dasar pertimbangan pemilihan       model pembelajaran?
4. Sebutkan ciri-ciri model pembelajaran?
5. Sebutkan macam-macam model                     pembelajaran?

C. Tujuan
          Adapun tujuan dari penyusunan  makalah ini adalah :
1. Mengetahui pengertian model                          pembelajaran.
2. Mengetahui hakikat dari belajar dan              pembelajaran.
3. Mengetahui dasar pertimbangan                     pemilihan model pembelajaran.
4. Mengetahui berbagai macam model-            model pembelajaran.

                              BAB II
                     PEMBAHASAN

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline