Lihat ke Halaman Asli

Fitri Yani

Universitas Pamulang

Rimpu Mbojo (Dompu-Bima, NTB) dalam Sejarah, Makna dan, Budaya

Diperbarui: 5 Juli 2024   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.instagram.com/officialputeriindonesiantb#

Rimpu merupakan cara berpakaian wanita suku Mbojo dengan balutan kain tenun khas, pekaian ini muncul setelah adanya pengaruh islam di tanah Bima-Dompu. Rimpu adalah simbol bagaimana menjaga perilaku dan martabat bagi wanita yang memakainya.

Rimpu adalah salah satu pakaian masyarakat suku Mbojo khusus untuk wanita, pakaian ini turun temurun dari nenek moyang terdahulu. Wanita rimpu lahir sebagai karakter yang kuat, berbudi pekerti, dan sangat menjaga martabat dan kehormatannya, rimpu sangtlah menjunjung tinggi nilai martabat dan kehormatan seorang perempuan. 

Jika seorang laki-laki pada suku Mbojo memeiliki rasa pada seorang wanita rimpu maka dia harus berusaha mendapatkannya dengan persyaratan ; harus memiliki keterampilan dan bisa bekerja sebelum meminang. Seorang laki-laki pada suku Mbojo yang sudah berhasil, dengan senang hati wanita rimpu akan menerimanya.

Rimpu itu sendiri memiliki 2 jenis  beradasarkan status wanita yang memakainya, yaitu;

1. Rimpu Cili/Mpida

Merupakan rimpu yang menutup muka kecuali mata yang dikenakan oleh wanita suku Mbojo yang  masih berstatus gadis atau belum menikah.

2. Rimpu Colo

Apabila wanita suku Mbojo sudah menikah ia akan mengenakan rimpu colo, dimana penutup pada mukanya dibuka, menandakan bahwa wanita tersebut sudah menikah atau berkeluarga.

https://x.com/FSyadli




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline