Lihat ke Halaman Asli

Munculnya Internet Menciptakan Perdagangan Baru

Diperbarui: 19 April 2016   09:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Internet adalah salah satu barang elektronik yang semakin canggih pada era sekarang ini. Zaman sudah semakin maju lalu siapakah yang tidak kenal dengan internet? Mungkin jika ada orang yang tidak kenal dengan internet pada era sekarang ini dianggap gaptek atau kudet oleh masyarakat yang sudah faham dengan dunia internet, karna pada era sekarang ini semua orang mayoritas mengetahui dan menggunakannya. Kita harus bersyukur dengan adanya internet karena banyak sekali keuntungan yang di dapatkan dari penggunaan internet tersebut. Salah satu keuntungan adanya inernet adalah munculnya bentuk perdagangan baru yang sebelumnya tidak ada pada jaman sebelum internet. Perdagangan apakah itu? perdagangan ini disebut dengan perdagangan elektronik atau E-Commerce.

Perdagangan elektronik (E-Commerce) merupakan sebuah transaksi penjualan, pembelian, atau pemasaran barang melalui sistem elektronik yang berupa internet. E-Commerce dapat juga diartikan sebagai kegiatan bisnis yang menghubungkan antara penjual, pembeli dan masyarakat dalam proses transaksi yang terjadi dalam jaringan elektronik seperti internet.

Pada masa sebelum internet, perdagangan dilakukan secara sederhana, yaitu antara pembeli dan penjual harus bertemu secara langsung. Selain itu, pembeli hanya dapat memilih dan membeli barang selama penjualnya membuka tokonya, sehingga waktunya sangat terbatas. Bagi penjual sendiri, pembelinya juga sangat terbatas, pembelinya yaitu hanya yang berada di sekitar tokonya. Jarang sekali pembeli lain akan berbelanja ke tokonya jika jaraknya jauh dan memerlukan beberapa jam perjalanan. Namun dengan adanya internet, cara berdagang seperti itu dapat diperbaharui, sehingga dapat menguntungkan banyak pihak, baik bagi penjual maupun pembeli.

Adapun bentuk dari perdagangan elektronik diantaranya yaitu jual beli online, jual beli online merupakan suatu kegiatan transaksi yang tren saat ini dengan memanfaatkan barang elektronik untuk menunjang kegiatan bisnis suatu perusahaan atau organisasi. Kegiatan bisnis yang dilakukan secara online akan menuju pada otomatisasi.

Sebenarnya banyak sekali keuntungan yang di dapatkan dari bisnis online. Contohnya yaitu sebuah perusahaan kerajinan dulu hanya bisa menjual barang dagangannya disekitar perusahaannya saja, dan pembelinya hanya penduduk lokal tetapi setelah adanya bisnis online, perusahaan itu membuat homepage sehingga dapat diakses oleh pembeli diseluruh dunia, sehingga bisnis kerajinan perusahaan tersebut dapat berkembang lebih pesat dan menyebar secara luas hingga internasional. Dan hal itu secara otomatis akan menguntungkan perusahaan yang terkait. Caranya yaitu perusahaan tersebut cukup memasang foto dagangannya saja. Dan ketika ada pesanan, segera diambilkan dari pemasoknya. Dan dalam hal pembayaran, perusahaan hanya perlu bekerjasama dengan bank-bank penyedia jasa pembayaran, biasanya melalui kartu kredit atau rekening ATM. Bisnis online menjadikan urusan bisnis semakin praktis guys!! karena penjual dapat menggunakan program komputer yang secara otomatis akan melayani pembeli.

Lalu apa keuntungan bagi pembeli dengan adanya perdagangan elektronik yang berupa internet? Dengan bisnis online melalui internet pembeli dapat berbelanja sepuasnya selama 24 jam sehari dan menghemat waktu karena pembeli tidak harus mendatangi tokonya secara langsung.

Wow!! Ternyata banyak sekali ya guys keuntungan dari perdagangan elektronik dengan internet yang berupa bisnis online namun walaupun E-Commerce banyak keuntungannya tetapi ada juga permasalahan yang perlu diperhatikan salah satunya yaitu biasanya dalam online tidak menutup kemungkinan terjadi penipuan, contohnya uang sudah di transfer oleh pembeli, tapi barang tak kunjung datang. Oleh karena itu, kita wajib berhati-hati . Kita harus pintar-pintar mengantisipasi hal itu supaya tidak terjadi...!! istilahnya sedia payung sebelum hujan, karena dimana ada kelebihan disitu juga ada kekurangan. Smile!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline