Pedidikan agama dan moral pada anak harus ditanamkan sejak usia dini, karena hal ini sangatlah penting bagi kehidupannya dimasa yang akan mendatang. Anak yang memiliki pendidikan moral yang kuat akan dapat membentuk karakter pada anak itu sendiri.
Anak dapat mengembangkan nilai moral mulai dari cara berinteraksi dengan teman sebayanya, hingga pada orang yang lebih dewasa. Pendidikan itu tidak harus ditandai dengan sekolah, tetapi kita bisa memberikan pendidikan dengan melakukan berbagai aktivitas sederhana yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Lalu apasih pengertian moral dan perkembangan moral pada anak itu?
Nahh moral itu biasanya kita sebut dengan akhlak yang memiliki arti tingkah laku dari seorang anak ketika sedang berinteraksi dengan temannya lalu anak itu memiliki etika yang baik atau jelek. Oleh karena itu, moral merupakan hal yang wajib dimiliki oleh tiap orang. Tanpa adanya moral sosok manusia tidak akan bisa bersosialisasi baik
Jika sejak usia dini anak memiliki moral yang baik, maka ketika ia sudah dewasa bisa menjadikan keberhasilan tersendiri pada diri anak itu. Begitu juga sebaliknya anak yang tidak memiliki moral yang baik sejak dini, maka ia ketika beranjak dewasa akan tidak dihormati oleh orang lain.
Perkembangan moral adalah suatu rangkaian perubahan yang dialami oleh seorang individu dalam meningkatkan perilakunya sesuai dengan nilai kehidupan secara terus-menerus. Perkembangan moral pada anak mengacu pada proses dimana anak itu dapat mengembangkan perilaku mereka dengan baik saat bertemu dengan orang sekitarnya.
Perlu diketahui bahwa ada dua orang ahli yang sangat berpengaruh dalam teori perkembangan moral pada anak yaitu Jean Piaget dan Lawrence Kohlberg. Pada teori perkembangan moral menurut Kohlberg, kita itu tidak bisa melepaskan teori dari perkembangan moral menurut Jean Piaget.
Piaget ini peletak dasar dari teori perkembangan moral dengan melakukan pendekatan kognitif. Ia menolak mengenai pandangan nativisme bahwasannya moralitas itu merupakan sesuatu yang didapat dari orang lain.
Teori menurut Piaget selanjutnya dikembangkan oleh Kohlberg yang membuktikan bahwa pertumbuhan dalam sebuah penalaran moral itu adalah proses perkembangan moral yang merupakan suatu dari proses pembentukan struktur kognitif.
Menurut teori Piaget, perkembangan moral dibagi menjadi dua tahap yaitu: