Lihat ke Halaman Asli

Tanah Longsor (Mass Wasting)

Diperbarui: 25 Desember 2022   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Tanah longsor merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Kebanyakan penyebab terjadinya tanah longsor di Indonesia karena curah hujan  yang meninggi ketika musim hujan, namun tanah longsor juga disebabkan oleh gempa bumi, aktivitas vulkanik, dan sebagainya. (Hakikah kikoki 2020)

Menurut Brook dkk (1991),  Tanah longsor adalah salah satu bentuk dari gerak massa tanah, batuan, dan runtuhan batuan/tanah yang terjadi seketika yang bergerak menuju lereng bawah dan dikendalikan oleh gaya gravitasi dan meluncur dari atas suatu lapisan kedap dan jenuh air (bidang luncur). Oleh sebab itu tanah longsor dikatakan sebagai bentuk erosi. Erosi disebabkan karena berbagai hal seperti, aliran air yang terlalu deras.

Tanah longsor juga sering disebut sebagai gerakan tanah atau mass wassting.

Menurut Djauhari Noor dalam buku geomorfologi (2014), mass wasting adalah perpindahan tanah, regolith serta batuan, yang diakibatkan oleh adanya gaya gravitasi dengan cara rayapan, aliran, rebahan, ataupun jatuhan. Mass wasting lumrah terjadi di daerah lereng pegunungan. (Rochayati, Nurin 2018)

Peristiwa tanah longsor di Indonesia memiliki alasan dan penyebab terjadinya. Secara teologis, umat Muslim sepakat mengakui bahwa apapun bentuk bencana di bumi ini pasti terjadi karena dua faktor, pertama disebabkan oleh manusia sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur'an [30] : 41. Sedangkan faktor kedua disebabkan oleh peristiwa alam (sunnatullah) sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur'an [57] : 22.

Al-Qur'an dan ilmu sains memiliki keterkaitan, dan ayat Al-Qur'an memberikan gambaran kepada ilmu sains melakukan penelitian terhadap segala macam bencana-bencana alam yang terjadi, termasuk tanah longsor. Dari Al-Qur'anlah kita mengetahui penyebab terjadinya tanah longsor itu. (Hakikah Kikoki 2020)

Demikian narasi singkat yang dapat penulis salurkan kepada para pembaca tentang bencana alam tanah longsor. Dari uraian di atas, kita mendapatkan sedikit gambaran sederhana tentang bencana alam tanah longsor. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian!

Referensi

Rochayati, Nurin (2018). Geomorfologi Umum. Yogyakarta: Deepublish

Hakikah Kikoki (2020). Bencana Alam Tanah Longsor. Diakses dari : https://www.academia.edu/42744881/artikel_BENCANA_ALAM_TANAH_LONGSOR. Tanggal 25 Desember 2022 pukul 15.23 wib




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline