Lihat ke Halaman Asli

E-Book Interaktif sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era Digital

Diperbarui: 10 Juni 2023   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

E-book interaktif sebagai salah satu media pembelajaran matematika yang efektif di era digital. Pembelajaran matematika memerlukan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep matematika yang abstrak (Ginanjar 2019). E-book interaktif adalah buku elektronik yang menggabungkan teks, gambar, suara, animasi, video, dan interaktivitas dalam satu media pembelajaran yang menarik dan mudah diakses oleh siswa (Tambunan, Siregar, and Susanti 2020). E-book interaktif memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif, serta memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri.

Adapun beberapa keuntungan penggunaan e-book interaktif sebagai media pembelajaran matematika, di antaranya adalah:

  • Menarik minat siswa (E-book interaktif menyajikan konten yang menarik dengan penggunaan gambar, animasi, dan video yang membuat siswa lebih tertarik dalam mempelajari matematika (Reynaldo 2020).)
  • Interaktif (E-book interaktif memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan konten matematika secara langsung melalui fitur-fitur yang ada pada e-book, seperti tes interaktif, quiz, dan permainan (Syahrijar, Supriadi, and Fakhruddin 2023).)
  • Akses mudah (E-book interaktif dapat diakses kapan saja dan di mana saja, baik melalui komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Hal ini membuat siswa lebih mudah dalam mengakses materi pembelajaran (Tambunan, Siregar, and Susanti 2020).)
  • Kemampuan personalisasi (E-book interaktif memungkinkan siswa untuk mempersonalisasi pembelajaran mereka sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman masing-masing(Alit, Luh, and Tejawati 2023).)

Selain itu, beberapa strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan e-book interaktif, di antaranya adalah:

  • Memanfaatkan fitur-fitur interaktif dalam e-book, seperti video, animasi, dan tes interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep-konsep matematika.
  • Menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis masalah dalam e-book interaktif, dengan memberikan tantangan atau masalah matematika yang dihadapi oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menerapkan model pembelajaran berbasis proyek, di mana siswa diberi tugas untuk membuat proyek matematika menggunakan fitur-fitur interaktif pada e-book.
  • Menggunakan e-book interaktif sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa dalam memecahkan masalah matematika.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline