Lihat ke Halaman Asli

Penggunaan Model Saintifik, Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hormat dan Patuh pada Orangtua dan Guru

Diperbarui: 12 Januari 2023   10:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas XI AKL SMK Muhammadiyah Watukelir dengan peserta didik sejumlah 28 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi hormat dan patuh pada orangtua dan guru melalui model pembelajaran saintifik. 

Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam pra silus, siklus I, siklus II dan siklus III. Pada siklus I penerapan model pembelajaran ini baru diterapkan pertama kali di kelas XI AKL, peneliti membimbing selama proses kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tujuan agar siswa tidak kebingungan dalam mengikuti proses belajar disesuaikan dengan komponen saintifik learning sesuai dengan RPP. 

Dalam proses pembelajaran peneliti menambahkan media pendukung dalam proses pembelajaran agar siswa menjadi aktif, siswa menjadi berani mengemukakan pendapat masing-masing, dan pembelajaran menjadi menyenangkan sehingga siswa terlibat langsung dalam semua komponen pendekatan saintifik learningKata kunci : Hormat dan patuh pada orangtua dan guru, pendekatan saintifik, hasil belajar.

Untuk lebih lengkapnya di link berikut : 

PTK Penggunaan Model Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Hormat Dan Patuh Pada Orangtua Dan Guru SMK Muhammadiyah Watukelir Tahun Pelajaran 2020/2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline