Lihat ke Halaman Asli

Garang Asem Ikan Laut yang Memikat, Akankah Dapat Membumi?

Diperbarui: 17 Juli 2016   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Garang Asem kepala ikan (dokpri)

Karena beraneka ragam jenis ikan dan hasil rempah-rempah tanah air , maka tidak heran jika masakan tanah air jadi beraneka ragam dari sabang sampai merauke, mulai yang digoreng, direbus, dikukus, dibakar, dan lain-lain.  Masakan nusantara banyak yang rasanya lezat, tidak sedikit orang mancanegara menyukanya artinya orang dari berbagai negara menggemari masakan nusantara.

Salah satu masakan nusantara adalah Garang Asem. Masakan ini berbahan dasar daging hewani, biasanya unggas (ayam) dan ikan khususnya ikan laut. Namun pada umumnya Garang Asem berbahan dasar Ikan Laut. Perpaduan antara bumbu lengkap dan sedapnya aroma ikan dengan rasa gurih, manis, asam membuat Garang Asem memiliki daya pikat yang kuat di lidah.

Beberapa kali penulis mengunjungi rumah makan dengan menu ikan di beberapa daerah baik di jawa timur maupun di propinsi lain, rata-rata tersedia masakan seperti ikan bakar, ikan goreng, yang ditemani dengan berbagai jenis sambal. Tapi jarang sekali ada rumah makan yang menyajikan ikan yang berkuah, kalaupun ada yang populer adalah “Tom yam” yang notabene adalah masakan dari negara Thailand. Sedangkan jika kita dapat memaksimalkan potensi dari masakan Nusantara, salah satu masakan yang tidak kalah lezat dari Tom Yam adalah Garang Asem.

Garang asem bukan hanya lezat, tapi juga sehat. Karena berbahan dasar ikan laut membuat Garang Asem kaya Vitamin dan rendah kolesterot. Jadi penikmat Garang Asem tidak perlu khawatir terhadap resiko yang ditimbulkan karena menyantap Garang Asem.

Membuat Garang Asem tidaklah sulit, karena bumbu-bumbu yang dibutuhkan banyak tersedia di sekitar kita. Ada berbagai versi dalam membuat Garang Asem, namun berikut penulis akan berbagi resep membuat Garang Asem yang cukup sederhanayang penulis sudah pernah membuatnya. Rasanya juga tdak kalah lezat.

Resep Garang Asem.

Bahan :

 2 Ekor ikan laut (kakap/tuna/kerapu/ dan lain-lain)

Bumbu:

 9 siung bawan merah

 7 sing bawang putih

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline