Lihat ke Halaman Asli

Yuk Kenali Wisata Kawasan 1000 Rumah Gadang di Solok Selatan

Diperbarui: 9 Mei 2017   15:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sumatra  Barat merupakan salah satu tempat yang kaya akan wisata, terutama wisata alamnya. Tetapi dari sekian banyak wisata tersebut masih banyak wisata-wisata lain yang orang tidak pernah tau. Terkhusus di daerah Solok Selatan  yang merupakan  salah satu kabupaten hasil pemekaran di Sumatera Barat. Banyak  orang tidak tau tentang  solok selatan ini, padahal solok selatan merupakan salah satu daerah yang kaya akan adat, SDA, dan wisata menarik. Salah satu wisata yang menariknya  yaitu kawasan Seribu  Rumah Gadang yang terletak di daerah Koto Baru kec. Sungai Pagu. Rumah Gadang merupakan rumah adat Minang Kabau yang biasanya digunakan untuk tempat berkumpul atau tempat musyawarah suatu kaum. Yang menarik di kawasan Seribu Rumah Gadang ini adalah jumlah rumah gadangnya masih banyak dan di tempati oleh masyarakat sekitar. Tempat yang  masih terawat dan berdiri rapi di sepanjang jalan dan bangunan yang masih kokoh ini, tetap saja menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk diketahui sejarah sekaligus untuk mengabadikan momen dengan selfie.

 Sebelumnya, seperti yang banyak orang ketahui  wisata Rumah Gadang di Minang Kabau hanyalah Istana Pagaruyuang di Batu Sangkar. Sementara di Sumatera Barat juga terdapat wisata rumah gadang lainnya yaitu Kawasan Seribu Rumah Gadang. Selain dijadikan tempat wisata, Kawasan Seribu Rumah Gadang  ini juga pernah dijadikan  tempat syuting fim Di Bawah Lindungan Ka’bah. Film yang diangkat dari novel Buya Hamka yang merupakan  salah satu penulis terkenal dari tanah Minang. Selain itu tempat  ini juga di jadikan tempat  FTV yang dibintangi oleh artis-artis terkenal.

Bukan hanya sekedar Rumah Gadang yang masih lestari di Solok Selatan tetapi adat atau tradisi-tradisi orang MInang Kabau dari nenek moyang  masih juga dilestarikan di daerah tersebut. Walaupun sudah banyak pengaruh dari budaya luar tetapi dengan seiring berkembangnya teknologi,  masyarakat setempat masih saja tetap mempertahankan  budaya asli daerah tersebut. Seperti melakukan rapat adat di Rumah Gadang, melakukan upacara-upacara adat  dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih banyak lagi wisata-wisata yang berbau sejarah di daerah Solok Selatan dan daerah di Minang Kabau lainnya yang perlu diketahui lagi. Guna mempertahankan, mengenalkan, serta mengembangkan tempat, adat, dan tradisi di Indonesia agar tetap terjaga kelestarianya seiring dengan perkembangan teknologi zaman ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline