Lihat ke Halaman Asli

Fitrianingsih

pelajar mahasiswa

Teori ley vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

Diperbarui: 18 Januari 2025   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1.Teori Lev Vygotsky

Perkembangan Sosial dan Kognitif

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

Vygotsky percaya bahwa anak belajar paling efektif dalam Zona Perkembangan Proksimal. ZPD adalah jarak antara kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas sendiri (tanpa bantuan) dan kemampuan mereka saat mendapatkan bantuan dari orang lain yang lebih ahli (guru, teman sebaya, atau orang tua).

Peran Interaksi Sosial

Vygotsky menekankan bahwa interaksi sosial adalah inti dari perkembangan kognitif. Anak memperoleh keterampilan dan pemahaman baru melalui kolaborasi dengan orang lain, terutama dalam konteks budaya dan sosialnya.

Bahasa sebagai Alat Utama

Bahasa adalah alat utama dalam perkembangan kognitif. Melalui dialog dengan orang lain, anak belajar berpikir, memecahkan masalah, dan menginternalisasi pengetahuan.

Scaffolding

Proses bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya disebut scaffolding. Bimbingan ini secara bertahap dikurangi seiring dengan meningkatnya kemampuan anak untuk menyelesaikan tugas secara mandiri.

Intinya:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline