Lihat ke Halaman Asli

Serunya Ikut PembaTIK 2023

Diperbarui: 10 September 2023   10:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Serunya Ikut PembaTIK 2023

Berawal dari sebuah pesan di Whats App Group ( WAG ) Komunitas Guru Belajar Nusantara  ( KGBN ) Kabupaten Sijunjung pada bulan juni lalu berisi sebuah undangan yang mengajak guru -- guru untuk ikut PembaTIK 2023, PembaTIK sendiri merupakan pembelajaran berbasis TIK yang mengajak guru -- guru untuk bisa meningkatkan kompetensinya dalam bidang pemanfaatan teknologi sehingga terciptanya inovasi pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka. PembaTIK terdiri dari 4 level, yaitu level 1 : literasi, Level 2 : Implementasi, Level 3 : Kreasi, dan Level 4 : Berbagi dan berrkolaborasi. Selain dapat meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran, peserta yang lulus dari tiap levelnya akan diberikan sertifikat dengan skala nasional dan berkesempatan untuk jadi duta teknologi Kemendikbudristek.

Duta Teknologi Kemendikbudristek itu adalah peserta guru yang berhasil menyelesaikan PembaTIK sampai dengan level 4 : berbagi dan berkolaborasi , dan terpilih menjadi peserta terbaik di setiap provinsi. Duta Teknologi menjadi inspirator praktik baik dalam pemanfaatan platform teknologi untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di provinsi masing-masing.

Adapun syarat untuk ikut menjadi peserta pembaTIK 2023 yaitu :

  • Memiliki dan telah mengaktivasi akun belajar.id
  • Guru Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS, CPNS, maupun PPPK yang dibuktikan dengan SK yang bersangkutan.
  • Guru tetap yayasan yang dibuktikan dengan SK Pengangkatan dari Yayasan.
  • Guru honorer di instansi pendidikan pemerintah/swasta dari semua jenjang yang dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.
  • Tenaga kependidikan di instansi pendidikan pemerintah/swasta, dibuktikan dengan keputusan dari pimpinan lembaga yang bersangkutan.

Saya tertarik mengikuti PembaTIK 2023 karena ingin meningkatkan kompetensi dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran serta bisa mengikuti perkembangan teknologi terkini yang bisa saya terapkan dikelas nantinya, selain itu cara belajarnya yang tidak ditentukan pada jam -- jam tertentu sehingga kita bisa belajar kapan saja dan dimana saja selagi modul pembelajarannya sudah kita unduh terlebih dahulu.

Pengalaman saya ikut PembaTIK 2023 sangat seru dan menantang saya untuk mampu menyelesaikan Tugas Akhir dari tiap level dan menyelesaikan Ujian Akhir dari tiap levelnya. Saat berada pada level 1 : Literasi, kita diminta membuat resume salah satu video inspirasi pada PMM ( Platform Merdeka Mengajar )dan menyelesaikan ujian akhir dengan KKM yang sudah ditetapkan, yaitu 70. Lanjut ke level 2 : Implementasi, kita diminta membuat video pembelajaran memanfaatkan platform teknologi yang berdurasi maksimal 7 menit dan ditautkan pada PMM sebagi bukti karya kita dan menyelesaikan ujian akhir.

Alhamdulillah sekarang sudah berada di level 3 : Kreasi, kita diminta untuk memilih satu dari empat pilihan tugas akhir ( Audio Pembelajaran, Video Pembelajaran, Media Pembelajaran Interaktif /MPI, dan Gim edukasi ), dan menyelesaikan ujian akhir. Adapun yang lulus level 3 nantinya adalah peserta yang memenuhi KKM dan peringkat 30 besar tiap provinsi.

Semoga saya berhasil melalui level 3 : Kreasi ini, aamiin...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline