Lihat ke Halaman Asli

Fitria TrisnaSisiliani

saya merupakan seorang mahasiswa prodi Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Umsida Mengabdi Kebaron Upayakan Branding Potensi Wisata Petik Jambu Desa Kebaron

Diperbarui: 23 Desember 2022   22:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Umsida mengabdi yang disingkat UmAd merupakan sebuah program yang diadakan oleh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk memberdayakan desa di sekitar Sidoarjo, salah satunya yaitu desa Kebaron,Tulangan,Sidoarjo. Mahasiwa Umsida Mengabdi Kebaron melakukan branding lokasi pada awal bulan Oktober hingga Desember tahun 2022.

Kegiatan UmAd Kebaron ini terdapat lima mahasiswa, yang sudah melakukan beberapa branding diantaranya dengan memberikan branding yang unik dengan  merealisasikan point point dalam sapta pesonam yakni didalamnya memuat beberapa point diantaranya,Keamanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan. Dengan beberapa point sapta pesona yang ada, UmAd Kebaron juga menyajikan sebuah tulisan sapta pesona yang terbuat dari papan kayu, yang mampu memberikan kesan natural atau alami, mengingat lokasi wisata ini merupakan Agrowisata Petik Jambu. Dalam hal ini kita berharap dapat memberikan branding lokasi wisata serta dapat merealisasikan point sapta pesona.

Tampilan Tulisan Sapta Pesona. Dokpri

Tidak hanya dengan Sapta Pesona, UmAd Kebaron juga melakukan branding pada lokasi wisata petik jambu, seperti pada area depan masuk wisata dengan memberikan sebuah ucapan selamat datang yang ada pada gapura dari galvanis. Dengan memberikan branding lokasi wisata ini, dimaksudkan untuk mudah di kenali wisatawan luar desa sehingga dapat menjadikan  branding tersebut dalam hal sebuah informasi atau "nama" bagi lokasi wisata petik jambu.

Sarana pendukung juga terdapat penutup area tepi depan berupa pagar bambu, yang terbuat dari bambu, yang mana pada pagar bambu ini di berikan tulisa "Wisata Petik Jambu" yang dimaksudkan untuk memperindah dan branding lokasi wisata. Mengingat sangat pentingnya branding bagi wisata, yakni sebagai tanda pengenal suatu wisata serta sebagai nilai jual dalam sebuah wisata. Karena branding merupakan suatu teknik bagi penggerak wisata untuk meningkatkan wisatawan. 

Tulisan Wisata Petik Jambu Pada Pagar Bambu. Dokpri

Syukur Alhamdulillah setelah selesai melakukan branding lokasi wisata, dapat meningkatkan wisatawan yang berkunjung. Seperti halnya pada tanggal 16 desember 2022, terdapat kunjungan mahasiswa asing , yang di naungi oleh instansi dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Dengan adanya mahasiswa asing tersebut, dapat memancing rasa penasaran masyarakat akan Wisata Petik Jambu ini, yang diharapkan dapat lebih meningkatkan pengunjung pada lokasi wisata.

Dalam melaksanakan kegiatan Umsida Mengabdi ini, UmAd Kebaron sangat antusias dan mampu memberikan dampak yang signifikan bagi lokasi wisata dengan adanya pem-brandingan ini . Dengan mengikuti program Umsida Mengabdi, mahasiswa dapat merealisasikan ilmu yang didapat di kampus dan menuangkannya dalam untuk masyarakat sekitar.

Ditulis: Abdu Abdan S dan Fitria Trisna Sisiliani




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline