Lihat ke Halaman Asli

Fitri Arianti

Mahasiswa

Pentingnya Menjaga Pola Hidup Sehat agar Terbebas dari Jerawat

Diperbarui: 23 Januari 2023   23:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Halo teman teman Kompasiana, kalian pasti sering dengar tentang masalah kulit berjerawat. Sering kali jerawat membuat kita tampil tidak pede tapi kalian tahu gak si penyebab timbulnya jerawat? jerawat bisa timbul karena hormon, kesalahan dalam memilih skincare dan tentu saja pola hidup kita yang tidak sehat.

Tentu, ada beberapa cara untuk mencegah timbulnya jerawat salah satu nya yaitu dengan cara pola hidup yang sehat. Berikut adalah beberapa cara pola hidup sehat untuk mengatasi maupun mencegah timbulnya jerawat :

1. Cuci muka secara menyeluruh dua kali sehari.

Menjaga kebersihan adalah hal paling sederhana yang dapat di lakukan untuk mencegah jerawat. Hal ini dilakukan untuk mencegah pori-pori tersumbat oleh debu dan kotoran lainya. Selain itu, perhatikan handuk yang di gunakan untuk mengeringkan sesudah cuci muka, cuci handuk secara teratur handuk yang kotor sebaiknya tidak di gunakan.

2. Konsisten menggunakan tabir surya

Konsisten menggunakan tabir surya baik di dalam maupun di luar ruangan. Hal ini di sebabkan kemungkinan kulit masih terpapar sinar UV di dalam ruangan. ketika, cahaya memasuki ruangan melalu kaca jendela. Terutama jika akan meninggalkan ruangan atau beraktivitas di bawah panas sinar matahari, tabir surya wajib di pakai dalam keadaan seperti ini untuk melindungi dari paparan radikal bebas selain itu tabir surya sangat penting untuk mencegah penuaan dini akibat radiasi.

3.  Tidur yang cukup

Selanjut nya, pola hidup sehat yang dapat mencegah jerawat adalah tidur yang cukup. Hal ini di sebab kan karena kurang tidur dapat menyebabkan muncul nya jerawat. Jerawat, kulit kering dan kusam dan cepat menua adalah masalah lain yang timbul akibat kurangnya tidur di sebabkan oleh lonjakan hormon stres korsitol yang di produksi tubuh saat kurang tidur. Pada kesehatan kulit, hormon-hormon ini berpengaruh signifikan. Oleh karena itu hindari bergadang dan istirahat yang cukup tidur sebanyan 7-8 jam sehari.

4. Olahraga

Berolahraga secara teratur adalah kebiasaan gaya hidup sehat selanjutnya. Racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui keringat dengan aktivitas olahraga. Hasilnya, pori-pori yang sering menjadi tempat berkembang biaknya debu dan kotoran penyebab jerawat menjadi bersih. 

Dengan kata lain, olahraga teratur dapat secara dramatis mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dengan membantu membuang racun dari dalam tubuh. Olahraga juga bisa meningkatkan aliran darah dan detak jantung. Keduanya dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin, mineral, dan oksigen, yang akan menghasilkan kulit yang lebih cerah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline