Lihat ke Halaman Asli

Ragam Budaya Indonesia

Diperbarui: 4 Desember 2016   18:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Indonesia adalah negara yang multicultural, banyak sekali budaya yang berbeda dan beragam yang dimiliki oleh negara Indonesia, dengan adanya bahasa yang berbeda-beda, agama, dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat sebagai bukti kekayaan dan keberagaman Indonesia, dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan yang ada, walau demikian Indonesia tetap sama, seperti halnya bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetap satu jua. Saling menghargai, menghormati, dan berempati antara satu dengan yang lain adalah salah satu sikap yang dapat mempertahankan dan membuat semakin menyatunya warga negara Indonesia. Berbicara mengenai indonesia fashion yang lagi ngehits dan kekinian saat ini adalah hijabers, orang-orang muslim yang berhijab saat ini sangat berbeda dengan wanita berhijab yang dulu, mulai dari fashion yang mereka kenakan dan gaya hidup yang sedang mereka jalani.

Dengan semakin berkembangnya dan majunya teknologi sekarang, tentu sangat berpengaruh terhadap gaya fashion yang kekinian, seperti yang kita ketahui sekarang, dunia fashion sekarang lagi buming dengan hijaber, yaitu perempuan-perempuan yang mengenakan hijab, tentu saja itu menjadi sebuah kemajuan dan inovasi bagi dunia fashion sendiri, tetapi yang menjadi pertannyaan dan perdebatan saat ini adalah gaya trendy yang sangat berlebihan, kita kembali lagi pada hakikat berhijab sendiri, bahwa tujuan utama wanita berhijab adalah menutupi aurat, tentu dengan saja harus sesuai dengan syariat islam. Tetapi faktanya mungkin kita sering menjumpai cara berpaikaian wanita berhijab yang kurang pas, misalkan dari segi cara mereka memakai hijab, mungkin ada rambut yang masih terlihat, memakai pakaian yang masih terawang dan kelihat dalamnya, atau ketat. Kita memang tidak bisa menyalahkan begitu saja, minimal kita menata diri kita sendiri, baru bisa mengoreksi oranglain.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang Indonesia memiliki banyak aneka ragam kebudayaan yang berbeda, tetapi kembali lagi bagaimana kita bisa menempatkan diri kita dimana pun kita berada, tentu saja iti semua tergantung dengan apa yang selama ini kita anut, baik dari segi agama, adat istiadat atau aturan yang berlaku. Kunci utama adalah kita harus selalu mempertebal keimana kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline