Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Microsoft Excel bagi Bapak Ibu Guru SD Negeri 4 Joho untuk Menunjang Kegiatan Input Nilai

Diperbarui: 2 Juli 2021   20:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Senin, 14 Juni 2021

Mahasiswa Kampus Mengajar mengajak Bapak/ Ibu Guru untuk bergabung dalam pelatihan adaptasi teknologi. Pelatihan adaptasi teknologi tersebut meliputi pelatihan microsoft word, microsoft excel, katalogisasi, dan tutorial penggunaan printer, scanner, LCD Proyector, dan foto copy. Pelatihan ini digunakan untuk menunjang kualitas tenaga pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

dokumentasi pribadi

Dalam pelatihan microsoft excel, bapak ibu guru saya ajak untuk memahami pengertian microsoft excel, tampilan, fungsi dasar microsoft excel, fungsi mid, left, right, fungsi and dan or serta fungsi vlookup dan hlookup. Setelah memahami teori tentang microsoft excel, langkah selanjutnya adalah praktik menggunakan materi yang telah saya sampaikan.

Rencananya saya akan menggunakan latihan soal dengan tingkat medium kepada bapak ibu guru SD Negeri 4 Joho. Namun dikarenakan saya lihar raut wajah bapak ibu merasa sulit, maka saya ganti dengan penerapan fungsi yang sederhana. Pertama-tama, saya minta bapak ibu guru untuk menuliskan angka bebas dalam 2 kolom dan 4 baris. Ketika sudah selesai, angka-angka tersebut akan digunakan operasi bilangan dengan menggunakan fungsi dasar microsoft excel.

Langkah yang selanjutnya adalah menggunakan fungsi min dan max untuk mencari nilai tertinggi dan terendah. Setelah itu saya ajak bapak ibu guru untuk mencari rata-rata nilai yang telah ditulis diatas. Hal ini dapat digunakan oleh Bapak Ibu Guru untuk menyusun nilai rapot siswa dalam microsoft excel.

Dokumentasi pribadi

Bapak ibu guru juga saya ajak untuk membuat fungsi if yang dapat digunakan untuk menentukan siswa yang lulus dan tidak lulus. Fungsi ini akan membantu dalam penyusunan nilai siswa dan menentukan apakah siswa telah memenuhi KKM atau belum. Agar bapak ibu guru dapat memproyeksikan data dalam bentuk diagram, maka saya ajak bapak ibu guru melakukan hal tersebut dan disesuaikan dengan keinginan masing-masing guru. Nanti hasil karya guru akan dicetak dengan menggunakan printer bersamaan dengan tutorial penggunaan printer tersebut.

Alhamdulillah kegiatan pelatihan adaptasi teknologi yang kedua, yaitu pelatihan microsoft excel berjalan dengan lancar. Antusias bapak ibu guru sangat baik dalam menyambut penyampaian materi dari kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat jangka panjang bagi kegiatan pembelajaran di SD Negeri 4 Joho.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline