Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Microsoft Word bagi Bapak Ibu Guru SD Negeri 4 Joho untuk Menunjang Kegiatan Pembelajaran

Diperbarui: 2 Juli 2021   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokumentasi pribadi

Senin, 14 Juni 2021

Mahasiswa Kampus Mengajar mengajak Bapak/ Ibu Guru untuk bergabung dalam pelatihan adaptasi teknologi. Pelatihan adaptasi teknologi tersebut meliputi pelatihan microsoft word, microsoft excel, katalogisasi, dan tutorial penggunaan printer, scanner, LCD Proyector, dan foto copy. Pelatihan ini digunakan untuk menunjang kualitas tenaga pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

dokumentasi pribadi

Di hari pertama, pelatihan microsoft word dilaksanakan dengan materi pembahasan tentang membuat kop surat. Bapak Ibu guru SD Negeri 4 Joho dibekali dengan laptop sekolah dan rekan-rekan kampus mengajar. Sambil mendengarkan pemaparan materi, bapak ibu guru juga langsung mempraktikkan di laptop masing-masing. Bapak ibu guru juga didampingi oleh rekan-rekan kampus mengajar. Jika ada kesulitan, bapak ibu guru dapat langsung memanggil mereka.

Topik pembahasan yang kedua adalah membuat text box. Dengan berlatih membuat ini bapak ibu guru dapat membuat kolom nama, nomor absen dan sebagainya sebagai kotak pembuka ketika ujian. Fungsi dapat diterapkan dengan mudah dengan menggunakan ruler agar format yang telah disediakan tidak rusak.

Poin ketiga yang dibahas adalah membuat numbering. Fungsi ini dapat digunakan oleh bapak ibu guru untuk membuat penomoran soal ujian agar tidak berantakan. Dengan menggunakan fungsi ini bapak ibu guru tidak perlu membuat penomoran sendiri dan nomor selanjutnya akan muncul secara otomatis.

Dokumentasi pribadi

Poin yang terakhir adalah membuat tabel. Tabel disini hampir sama fungsinya dengan microsoft excel. bapak ibu guru dapat memanfaatkan fungsi tabel ini untuk membuat tabel yang sederhana dan tidak melibatkan rumus didalamnya.

Alhamdulillah kegiatan pelatihan adaptasi teknologi yang pertama, yaitu pelatihan microsoft word berjalan dengan lancar. Antusias bapak ibu guru sangat baik dalam menyambut penyampaian materi dari kami. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat jangka panjang bagi kegiatan pembelajaran di SD Negeri 4 Joho.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline