Lihat ke Halaman Asli

Tingkatkan Religiusitas Siswa SDN 4 Joho, Mahasiswa Kampus Mengajar Jadwalkan Pondok Ramadhan dan Buka Bersama

Diperbarui: 2 Juli 2021   14:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Kamis-Sabtu, 6-8 Mei 2021

Pondok Ramadhan merupakan kegiatan rutinan yang sering diselenggarakan oleh lembaga pendidikan untuk memperingati Bulan Puasa. Walaupun bulan puasa tahun ini berbeda, namun nuansa islaminya tidak boleh dilupakan. Seperti SD Negeri 4 Joho yang melakukan serangkaian kegiatan Pondok Ramadhan dan Buka Bersama selama 3 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 6-8 mei 2021.

dokumentasi pribadi

Kegiatan ini dimulai pukul 07:30 pagi dengan melaksanakan shalat Dhuha dan Tadarus Al Qur’an dan Iqra’ di Mushola bawah SD. kegiatan shalat Dhuha diimami oleh salah satu siswa kelas 6, yaitu Ilham. Setelah selesai shalat dilanjutkan dengan kegiatan tadarus Al Qur’an. Setelah pukul 08:30 WIB siswa diajak kembali ke sekolah untuk sesi penyampaian materi tentang keutamaan Bulan Ramadhan. Dalam kesempatan ini, siswa dibagi menjadi 2 kelas, yakni siswa kelas 1-3 dan siswa kelas 4-6. Pada hari pertama, setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan pengumpulan zakat fitrah.

Pada hari kedua, kegiatan pagi sama seperti pada hari pertama. Setelah sesi penyampaian materi, siswa akan diminta untuk menunggu di kelas mendengarkan pengumuman tentang perlombaan yang dapat diikuti pada hari berikutnya. Disini siswa diajak untuk membagi anggota tim dan pembagian peserta lomba untuk acara besok.

dokumentasi pribadi

Pada hari ketiga merupakan puncak serangkaian kegiatan Pondok Ramadhan dan Buka Bersama. Pada hari ini siswa datang pukul 14:00 WIB. Setelah seluruh siswa sampai ke sekolah, dilanjutkan dengan pengumuman dan pembagian kelas bagi siswa yang mengikuti perlombaan.setelah semua siswa masuk ke kelas masing-masing dan ada dewan juri, maka perlombaan bisa dimulai. Lomba yang tersedia pada kesempatan ini adalah Lomba Adzan, Lomba Hafalan Surat Pendek, Lomba Mewarnai Kaligrafi, dan Lomba Cerdas Cermat. Lomba yang dimulai di sesi pertama adalah Lomba Adzan, Lomba Hafalan Surat Pendek, dan Lomba Mewarnai Kaligrafi.

Dokumentasi pribadi

Setiap lomba telah berlangsung dengan lancar. Sekarang menginjak ke sesi ke dua yakni lomba cerdas cermat. Seluruh siswa berkumpul menjadi satu ruangan untuk menyemangati 3 tim yang mengikuti lomba cerdas cermat. Lomba cedas cermat berlangsung dengan panas, meriah dan mengejutkan. Dikarenakan sudah sore, siswa diminta untuk sholat ashar berjamaah di mushola. Ketika kembali dilanjutkan dengan cara inti. Disini saya berperan sebagai pembawa acara dengan susunan acara: pembukaan, sambutan (Ibu Novi dan Pak Samingan), Penampilan Hadrah SD, Pengumuman pemenang lomba dan diakhiri dengan buka bersama.

Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan seluruh siswa merasa senang bisa mengikuti lomba dan menikmati hidangan buka puasa bersama teman-temannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline