Lihat ke Halaman Asli

Menyusun Best Practice dengan Metode STAR

Diperbarui: 25 November 2023   21:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning  pada Pembelajaran Tematik Tema 4 

Subtema 3 Pembelajaran 1 Muatan Pelajaran Matematika dan SBDP 

di Kelas III SD Negeri 09 Pemulutan Selatan

 

FITRIANTI, S.Pd.

Guru SD Negeri 09 Pemulutan Selatan Kabupaten Ogan Ilir

Mahasiswa PPG Daljab Kategori 1 Angkatan 2 Universitas Tanjungpura

 

A. PENDAHULUAN

                Pembelajaran tematik terpadu di SD sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan beberapa muatan pelajaran dalam satu pembelajaran. Beberapa muatan, misalnya Matematika, dan DBdP disatukan dalam tema yang sama kemudian disajikan dalam satu pembelajaran utuh yang saling berkaitan.

               Dalam praktik pembelajaran Kurikulum 2013 yang penulis lakukan selama ini, penulis menggunakan buku siswa dan buku guru. Penulis meyakini bahwa buku tersebut sudah sesuai dan baik digunakan di kelas karena diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ternyata, dalam praktiknya, penulis mengalami beberapa kesulitan seperti materi dan tugas yang diberikan tidak sesuai dengan latar belakang peserta didik. Selain itu, penulis masih berfokus pada penguasaan pengetahuan kognitif yang lebih mementingkan hafalan materi. Dengan demikian pembelajaran yang dilakukan oleh guru berdampak peserta didik merasa jenuh. Penulis juga belum optimal menggunakan media pembelajaran. Dampaknya, suasana pembelajaran di kelas kaku dan peserta didik tampak tidak bersemangat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline