Dosen Pengampu: Dra. Ismaniar, M.Pd.
Pendidikan adalah upaya sadar yang dilakukan oleh orang dalam meningkatkan mutu keterampilan dan pen5getahuan. Pendidikan adalah upaya mengembangkan potensi-potensi manusiawi peserta didik baik potensi cipta, potensi fisik, rasa maupun karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan daoat berfungsi dalam perjalanan hiduonya.
Dasar dari pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan memiliki tujuan yaitu menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan.
Pembaharuan dalam bidang pendidikan adalah usaha mengadakan perubahan yang bertujuan untuk memperoleh hasil yang lebih baik. Pembaharuan perlu dilakukan sevata terus menerus sesuai dengan perkembangan teknologi yang menghadirkan tantangan atau persoalan, baik dati luar maupun dari dalam sistem pendidikan itu sendiri. Inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif, berbeda dengan hal yang ada sebelumnya, serta sengaja diusahakan untuk menungkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.
Pembaharuan dalam pendidikan dituntut oleh permasalahan-permasalahan yang muncul dalam pendidikan seperti perkembangan IPTEK, Laju pertumbuhan Penduduk, meningkatkan animo masiarakat memperoleh pendidikan yang lebih baik, menurunnya kualitas pendidikan, kurangnya relevansi pendidikan dan belum mekarnya alat organisasi yang efektif. Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan atau pembaharuan pendidikan seperti:
a.Visis terhadap pendidikan
b.Faktor pertambahan penduduk
c.Perkembangan ilmu pengetahuan
d.Tuntutan adanya proses pendidikan yang relevan.
Dalam menyampaikan pembaharuan kita dapat menggunakan beberapa cara seperti:
a.Pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan