Lihat ke Halaman Asli

Perspektif Data Mining atau Knowledge Discovery in Database Menurut Beberapa Ahli

Diperbarui: 13 September 2022   20:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Bagi Larose informasi mining merupakan sesuatu sebutan yang digunakan buat menciptakan pengetahuan yan tersembunyi didalam database. Informasi mining ialah proses semi otomatik yang memakai metode statistik, matematika, kecerdasan buatan, serta machine learning buat mengekstraksi serta mengenali data pengetahuan yang terpaut dari bermacam database besar (Larose,2014)

Istilah data mining mempunyai sebagian pandanan , serupa knowledge discovery maupun pettern recognition . Sebutan knowledge discovery ataupun temuan pengetahuan pas digunakan sebab tujuan utama dari informasi mining memanglah guna memperoleh pengetahuan yang masih tersembunyi di dalam bongkahan informasi . Sebaliknya sebutan untuk pettern recognition ataupun pengenalan pola pas buat digunakan sebab guna menciptakan pola yang tersembunyi di dalam bongkahan informasi ( Susanto , 2010 )

Dalam salah satu buku yang ditulis oleh Ian Witten" Informasi Mining: Practical Machine Learning Tools and Techniques" data mining ialah proses menganalisa data dari yang berbeda serta menyimpulkannya jadi informasi maupun pengetahuan ataupun pola yang berarti guna menaikkan keuntungan, memperkecil anggaran pengeluaran, maupun apalagi keduanya ( Witten, 2016).

Knowledge discovery describes the process of automatically searching large volumes

of information  for patterns and knowledge about the information ( Fayyad, 1996).

Knowledge discovery is not only information  mining, because knowledge discovery and

acquisition can be considered as discovering and acquiring knowledge using many

technologies and tools in the history of humankind ( Harari, 2014).

Berdasarkan pemaparan para ahli maka saya dapat menarik kesimpulan bahwa data mining atau biasa dikenal juga dengan istilah  knowledge discovery in database adalah suatu proses mengumpulkan dan mengelola data dalam suatu database dengan jumlah yang besar yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan sehingga nantinya dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan

References

D. T. Larose And C. D. Larose.(2014).Discovering Knowledge In Data An Introduction To Data Mining.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline