Lihat ke Halaman Asli

Kuliah Jauh dari Rumah dan Orangtua Jadi Gak Manja…

Diperbarui: 18 Juni 2015   01:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pernah kebayang gak, kalau rezeki kita berbeda dengan orang tua. Lepas sekolah SMA atau Sarjana kalian kebingungan ni, mau kemana, kerja ataupun juga melanjutkan study ke jenjang lebih tinggi. Sejak itu kalian mulai berfikir. Apa harus selalu bersama orang tua. Makan minum dan segala urusan masih diurusi oleh orang tua?.
Hal itu gak bakalan bikin kamu dewasa sama sekali. Nah yang bikin kamu berbeda dari anak seumuran kalian adalah dengan pergi jauh dari orang tua. Pengertian pergi ini bukan pergi ke sembarang tempat dan bukan tanpa tujuan lho. Pergi untuk meraih cita-cita. Tapi-tapi-tapi. Itu yang selalu diucapkan anak manja. Selalu banyak tapi dan tidak beralasan logis.
Cekidot.
Hal yang perlu kalian lakukan untuk besarnya pergaulan dengan meluaskan pengetahuan.
Kuliah di luar misalnya. kalian akan merasakan hal yang berbeda dari hal yang biasa kalian lakukan. Kuliah. Kongkow, pulang. Makan. Belajar. Tidur.
Di luar sana, kalian akan merasakan.
1. Atur makan : jadwal makan, pola makan, gizi dalam makanan. ini gak gampang lho, karena beda daerah, beda rasa. hahahaha. kalian mau gak mau harus memakan makanan di daerah tersebut. Mengajak untuk sabar :).
2. Atur waktu : kapan waktu tidur. waktu belajar. waktu bermain bersama teman. waktu belajar kelompok. mengerjakan tugas. waktu nyuci pakaian. waktu gosok pakaian. bersih-bersih kamar atau tempat kamu tinggali.
3. Atur kamar : letak meja belajar. letak tempat tidur. Itu lah yang membuatmu nyaman atau tidak.
4. Atur duit : nah inilah yang paling mendasar. kamu harus pandai-pandai cukupi duit yang kamu miliki jika enggak, kamu bakal kelaperan. Hati-hati ! ke mall bakal bikin kantong kamu bolong. Apalagi keseringan karena anak kostan identik dengan hidup susah dan apa adanya.
5. Atur pergaulan : ini hal kedua yang sangat penting, pergaulan lah yang membuat selamat atau tidaknya kamu diluar sana. Pilihlah bergaul dengan orang yang pintar, baik, bijak dan rajin beribadah. Ingat !!! kemanapun kamu melangkah. Yang menciptakan kamulah yang selalu ada buat kamu dan melindungi kamu. So, usahakan jangan tinggalkan ibadah. walaupun pasti akan ada lalainya. Makanya, bergaul dengan orang yang beribadah nya baik.
6. Jangan lupa, telefon orang tua mu setiap hari. Ihihihi. Supaya kamu tahu dan sadar, kalau kamu masih punya orang tua.
7. Jangan lupa pulang karena kalian juga punya teman-teman di daerah asal kalian.
Pulang-pulang kalian sudah dewasa lho, punya prestasi yang baik, walaupun jauh dari orang tua jangan pulang-pulang bawa anak atau lagi hamil. Tapi merantau itu menyenangkan. Akan banyak hal yang sangat bermanfaat. Ketika kalian tidak punya siapa-siapa, dan kalian harus menyelesaikannya sendiri.
##Semoga bermanfaat ##




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline