Lihat ke Halaman Asli

Fitria Kuncara Putri

Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Sebelas Maret

Modul Ajar Kelas VIII SMP Bahasa Indonesia: Iklan

Diperbarui: 18 Desember 2023   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

INFORMASI UMUM

 

IDENTIFIKASI SEKOLAH

Penyusun                     : Fitria Kuncara Putri

Sekolah                       : SMPN 1 KARANGPANDAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/ Semester          : VIII / Gasal

Fase                             : D

Materi Pokok              : Iklan

Alokasi Waktu            : 2 jam pelajaran @ 40 Menit

Jumlah Peserta didik   : Maksimal 36 Siswa

Target Peserta didik     : Reguler

Model Pembelajaran   : Problem Based Learning (PBL)

Kompetensi Awal

Peserta didik dapat memahami sebuah iklan serta menggunakannya untuk menyampaikan sebuah informasi dalam kehidupan sehari-hari kepada Masyarakat.

Profil Pancasila

  • Gotong royong: Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang  ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain
  • Mandiri: Dengan kemampuan sendiri mencari informasi yang dapat dipertanggung  jawabkan kebenarannya
  • Bernalar Kritis: Melalui informasi ysng didapat dapat menggunakannya untuk menganalisis permasalahan maupun informasi

Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)

  • Sarana: Ruang kelas
  • Prasarana: Internet, Buku paket  Bahasa Indonesia kelas 8, Modul Ajar, Youtube, Game interaktif “Belajar Membuat Iklan”

Target Peserta Didik

Siswa Reguler

Model Pembelajaran 

Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Iklan ialah Problem Base Learning (PBL) menggunakan metode diskusi, presentasi, tanya jawab.

KOMPONEN INTI

Elemen

Berbicara dan Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks iklan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline