INFORMASI UMUM
IDENTIFIKASI SEKOLAH
Penyusun : Fitria Kuncara Putri
Sekolah : SMPN 1 KARANGPANDAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VIII / Gasal
Fase : D
Materi Pokok : Iklan
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran @ 40 Menit
Jumlah Peserta didik : Maksimal 36 Siswa
Target Peserta didik : Reguler
Model Pembelajaran : Problem Based Learning (PBL)
Kompetensi Awal
Peserta didik dapat memahami sebuah iklan serta menggunakannya untuk menyampaikan sebuah informasi dalam kehidupan sehari-hari kepada Masyarakat.
Profil Pancasila
- Gotong royong: Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain disertai perasaan senang ketika berada bersama dengan orang lain dan menunjukkan sikap positif terhadap orang lain
- Mandiri: Dengan kemampuan sendiri mencari informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya
- Bernalar Kritis: Melalui informasi ysng didapat dapat menggunakannya untuk menganalisis permasalahan maupun informasi
Sarana dan Prasarana (Sumber Belajar)
- Sarana: Ruang kelas
- Prasarana: Internet, Buku paket Bahasa Indonesia kelas 8, Modul Ajar, Youtube, Game interaktif “Belajar Membuat Iklan”
Target Peserta Didik
Siswa Reguler
Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran materi Iklan ialah Problem Base Learning (PBL) menggunakan metode diskusi, presentasi, tanya jawab.
KOMPONEN INTI
Elemen
Berbicara dan Mempresentasikan
Capaian Pembelajaran
Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan mempersiapkan materi diskusi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan secara kreatif dalam bentuk teks iklan.