Lihat ke Halaman Asli

Local Brand Survey

Diperbarui: 24 Juni 2015   09:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Berbicara tentang brand lokal, erat kaitannya dengan pola konsumtif masyarakat pada zaman sekarang. Masyarakat zaman sekarang berbondong-bondong untuk membelanjakan uangnya. Namun, sangat disayangkan uang tersebut mengalir ke perusahaan-perusahaan asing. Masyarakat cenderung lebih percaya kepada merek asing dibandingkan buatan anak negeri. Setiap barang yang ada di sekeliling kita, sampo, sepatu, tas, baju lebih banyak merek asing.
Siapa yang salah? Pemerintahnya kah? Atau masyarakatnya kah? Masyarakat merupakan konsumen, pertanyaannya mengapa masyarakat bisa lebih percaya kepada merek asing daripada merek lokal. Dan kenapa merek lokal kurang bisa bersaing dengan merek asing?.

Salah satu anak muda yang menggembor-gemborkan brand lokal adalah VJ Daniel Mananta, dia membuat usaha kaos “Damn, I Love Indonesia” yang setiap kaosnya menggambarkan kebudayaan-kebudayaan lokal, seperti wayang, batik, dll. Namun, usaha kaosnya dia pun masih ada saja blogger yang mengkritisi. Ada beberapa tulisan seorang blogger yang mengkritisi kata, “Damn, I love Indonesia”. Blogger tersebut menilai kalau kata-kata tersebut tidak mencerminkan kecintaan seorang owner terhadap Indonesia. “Kalau love Indonesia, kenapa harus pakai Bahasa Inggris, kenapa tidak pakai Bahasa Indonesia”.

Lalu ada perusahaan BUMN yang sahamnya sebagian dimiliki oleh pihak asing. Padahal namanya juga BUMN, Badan Usaha Milik Negara. Jelas sekali bahwa ini usaha milik Negara.

Dari sinilah muncul banyak pertanyaan, sebenarnya yang dikatakan brand lokal itu seperti apa? Dan kenapa brand lokal kurang bisa bersaing dengan merek asing. Sebenarnya siapa yang salah ? Untuk itu kami membuat sebuah kuesioner untuk mengetahui seberapa antusias masyarakat terhadap brand lokal dan mengetahui apa definisi brand lokal menurut pandangan masyarakat.

Kami memohon bantuan kepada masyarakat untuk mengisi kuesioner kami tentang brand lokal

https://docs.google.com/forms/d/1IPDiDpFCYBNUxz-puzZLUcCLNIn955XBCm1GryQN8Z4/viewform

Bagaimana menurut anda?

Terima Kasih




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline