Lihat ke Halaman Asli

Belajar Brand Persona dan Research di Rumah BUMN Yogyakarta

Diperbarui: 28 November 2022   15:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada pertemuan ketiga pada tanggal 14 Oktober 2022. Brand Persona &Research merupakan materi yang akan disampaikan Bondan Satria pada pertemuan kali ini.

Bondan Satria menjelaskan tentang pentingnya brand dalam suatu produk, bagaimana brand itu dibuat, dll.Brand sering disebut sebagai identitas atau karakter. mengapa brand itu penting? karena lebih memudahkan penjualan.

Brand dibuat dengan rational value atau kompetensi dan emotional value atau karakter, kedua ini dibuat berdasarkan produk yang akan dipasarkan.

Bondan Satria juga memberikan contoh Dodo ingin dikenal sebagai dokter gigi yang ramah anak. Tapi, Dodo dikenal publik sebagai dokter yang mahal dan gaul. manakah yang disebut sebagai brand? Dodo ramah anak atau Dodo yang mahal dan gaul? semuanya adalah brand.

Pertama Dodo ramah anak merupakan brand Blueprint karena itu adalah rencana . dan Dodo yang mahal dan gaul merupakan Brand  Equity karena ini merupakan presepsj publik bahwa Dodo dikenal mahal dan gaul.

Selain brandlueprint dan brand quity ada brand delivery dan branding journey. Branding journey meliputi beberapa tahapan, sebagai berikut

  • Membuat brand blueprint 
  • Menentukan Rational Value
  • Menyusun Emotinal Value
  • Melakukan Brand Delivery Promise
  • Membuat Visual Identity
  • Melakukan Brand Comm.
  • Terbentuk Persepsi dan Ekspektasi
  • Melakukan Proof Delivery Proof
  • Experience Membeli di Distribution Channel
  • Konsumsi Produk.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline