Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Keterampilan Kerja, Komunikasi, dan Penerapan Prosedur Operasi Standar Terhadap Kinerja Karyawan CV. Berkah Bandung

Diperbarui: 21 Agustus 2024   11:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Keterampilan Kerja
Keterampilan kerja merupakan salah satu faktor dalam usaha mencapai suksesnya pencapaian tujuan organisasi. Tujuan keterampilan kerja yaitu untuk dapat memudahkan suatu pekerjaan dalam penyelesaian setiap pekerjaan secara efektif dan efisiensi tanpa adanya kesulitan hingga akan menghasilkan suatu kinerja pegawai yang baik. 

Tujuan pengembangan pegawai adalah untuk memperbaiki efektivitas kerja pegawai dalam mencapai hasil-hasil kerja yang telah ditetapkan. Perbaikan efektifitas kerja dapat dilakukan dengan cara memeperbaiki pengetahuan pegawai, keterampilan pegawai maupun sikap pegawai itu sendiri terhadap tugas-tugasnya.

Komunikasi
Dalam keseluruhan bidang organisasi dan manajemen, komunikasi merupakan salah satu konsep yang paling sering dibahas, meskipun di dalam kenyataannya jarang sekali di pahami secara tuntas. Memang, peranan komunikasi yang efektif merupakan persyarat bagi pencapaian tujuan-tujuan organisasi, di samping sebafai salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh manajemen modern.

Prosedur Operasi Standar
 Sebuah organisasi menggunakan Prosedur Operasi Standar (SOP) sebagai seperangkat pedoman dan protokol untuk melaksanakan tugas. Disiplin kerja yang sangat baik diperlukan untuk membuat Prosedur Operasi Standar (SOP) dan menciptakan iklim kerja yang memungkinkan Perusahaan berfungsi sesuai rencana. Pekerjaan karyawan akan lebih mudah dilakukan Ketika Prosedur Operasi Standar yang efektif diterapkan.

Kinerja Karyawan
Kinerja merupakan perilaku nyata yang di tampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh pegawai sesuai perannya dalam instansi. Kinerja karyawan adalah salah satu elemen penentu bagi suatu perusahaan atau organisasi untuk berhasil mendapatkan tujuannya. Oleh karena itu, kinerja karyawan harus menjadi kepedulian pimpinan perusahaan, karena penurunan kinerja karyawan akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Hipotesis
Berdasarkan kerangka pemikiran dan hasil penelitian terdahulu, selanjutnya peneliti menetapkan hipotesis penelitian sebagai berikut:
1. Keterampilan kerja, komunikasi dan prosedur operasional standar kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara parsial.
2. Keterampilan kerja, komunikasi dan prosedur operasional standar kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan secara simultan.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline