Lihat ke Halaman Asli

Uji Konsistensi SBY

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

"Saya SBY, Presiden Republik Indonesia yang keenam, sekali lagi menegaskan bahwa saya, istri dan anak saya tidak akan mencalonkan diri menjadi capres tahun 2011."

Itulah sebuah pernyataan yang dituturkan beliau ketika memberi kuliah umum dengan tema "Indonesian Young Leaders" di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place, Kamis 9 Juni 2011 kemarin. Artinya beliau, istri serta anak-anaknya  tidak akan mencalonkan diri dalam pemilihan kursi presiden tahun 2014 besok. Menurut SBY, tahun 2014 merupakan tahun dimana dirinya harus lengser dan digantikan oleh mereka yang baru, dalam hal ini SBY memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk berprestasi dalam kancah politik. Saat ini ia tidak mempersiapkan siapa-siapa untuk menjadi capres, "biar rakyat dan demokrasi yang memilih".

Sebuah pernyataan yang ingin menyanggah adanya desas-desus yang menyatakan bahwa istrinya akan mencalonkan diri dalam capres 2014. Sekedar informasi saja, SBY merupakan presiden yang paling lama menjabat sejak reformasi bergulir.

Lalu untuk apakah pernyataan SBY ini.....???? Ada beberapa spekulasi yang beredar di masyarakat antara lain:


  • Merupakan bentuk dari uji reaksi kepada masyarakat bahwa sejauh mana respon rakyat kepada Ibu Ani Yodhoyono kemudian bagaimana dukungannya.
  • Merupakan uji reaksi buat para partai untuk mengusung Ibu Ani Yudhoyono


Bukankah di dalam konstitusi sudah jelas dipaparkan bahwa masa jabatan presiden adalah 2 periode dan tidak dapat dipilih lagi. Kemudian untuk apa pernyataan ini disampaikan sekarang? Bukankah pemilu presiden masih 3 tahun lagi. Dan masa jabatan presiden masih 3 tahun lagi. Harusnya yang dipikirkan bukan soal menjawab desas- desus seperti ini, tetapi yang seharusnya dipikirkan SBY adalah bagaimana mengoptimalkan program kerja kabinetnya yang 3 tahun ke depan ini. Apapun spekulasi yang beredar sekarang tidak ada yang tahu mana yang benar. Tetapi dengan adanya pernyataan ini merupakan uji terhadap kekonsistenan SBY. Apakah SBY akan memegangteguh janjinya...????? atau tidak.....Hasilnya akan dapat kita ketahui 3 tahun lagi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline