Lihat ke Halaman Asli

Fitri DwiNatalia

Mahasiswa Unika Darma Cendika

Generasi Z Menarik Langkah di Masa Pandemik

Diperbarui: 12 Desember 2021   15:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui sejak tahun 2020 di Indonesia mengalami masa pandemic yang cukup lama hingga saat ini . Banyak diantara kita melakukan kegiatan seperti bekerja , sekolah dan kegiatan yang seharusnya di luar rumah sekarang berada di dalam rumah . 

Situasi seperti sekarang seringkali menjadi perbincangan bagaimana masa depan generasi muda saat ini dalam menghadapi pandemic , oleh karena itu kita sebagai penulis mengambil topik " Generasi Muda Menyikapi Pandemic "

Di masa pandemic ini banyak sekali anak muda yang menghabiskan waktu dirumah dengan melakukan kegiatan seperti belajar , menonton , bermain game dan sebagainya . 

Sebagai generasi muda kita harus melakukan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi sekitar kita misalnya dengan mengasah kemampuan kita yang sebelumnya tidak pernah kita pikirkan , dengan begitu kita dapat menyikapi masa pandemic ini dengan pengalaman baru bukan hanya dianggap sebaai rutinitas tapi juga mendapat hal yang baru saat kita mau berpikir kreatif dan mengasah keterampilan yang kita punya .

Setidaknya kita para generasi muda melakukan suatu tindakan nyata dalam melawan pandemi Covid-19 salah satunya menjadi promotor prokes. 

Melalui kegiatan di lembaga-lembaga pendidikan, di lingkungan masyarakat maupun melalui media sosial, kita generasi muda harus berkali-kali mempromosikan protokol kesehatan (prokes), terutama Gerakan 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menggunakan masker). 

Saat ini mempromosikan prokes mungkin sudah dianggap sebagai hal yang biasa saja, namun pada awal-awal pandemi muncul, promosi prokes sangat diperlukan oleh masyarakat sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi untuk menjaga kesehatan dan memutus rantai penyebaran Covid-19.

Perlu diketahui bahwa pelajar atau mahasiswa masuk dalam kategori kelompok usia yajg mengalami dampak terbesar akibat pandemic ini. Di tengah-tengah usaha giatnya dalam meraih mimpi, para generasi ini harus menghadapi tantangan yang sangat besar dan tidak bisa dihindari. Tidak sedikit juga pelajar dan mahasiswa yang tergerak untuk meluangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk membantu sesamanya.

Generasi-generasi yang seperti inilah yang membawa perubahan implikasi dan perubahan cukup besar dalam penanganan Covid-19. Para pemuda ini bisa ikut serta  membantu dalam proses transformasi Kesehatan di masa pandemic. Misanya, penggalanan dana untuk akses Kesehatan yang lebih baik.

Sebagai anak muda penerus bangsa, kita harus menjadi kelompok yang aktif yang mempunyai jangkauan yang luas dan sumber energi potensial untuk mendesak kebijakan efesien dalam penangkalan dan pengendalian Covid-19. Pandemic ini akan bisa tertangani atau berkurang jika kita saling membantu satu dengan yang lainnya.

Saat ini, melalui pemberitaan Covid-19 di media sosial dan berita-berita terkini, angka penyebaran covid di Indonesia saat ini sudah menurun, sudah banyak daerah yang zona kuning, namun kita sebagai penerus bangsa janganlah lengah dengan situasi pandemic yang mulai berkurang saat ini, tetaplah saling mengedukasi tentang pandemic ini agar semua generasi dapat terus berjaga-jaga dan terus memahami bahwa Covid-19 sepenuhnya belum berakhir. 

Tetaplah menjaga kesehatan dan selalu terapkan prokes dimanapun sedang berada, jangan sampai kasus Covid-19 kembali meningkat, Semangat anak muda




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline