Membangun Budaya Positif di Kelas melalui Komunikasi Efektif dan Pembelajaran Aktif
PGP-2-Kab.Kota Jambi-Fitri Indiani-1.4-Aksi Nyata
- Latar Belakang
Budaya positif adalah suatu pembiasaan yang bernilai positif, yang di dalamnya mengandung sejumlah kegiatan yang mampu menumbuhkan karakter murid ke arah yang positif. Budaya positif perlu dibangun dalam suatu kelas yang akan berdampak pada budaya positif di sekolah dan berperan dalam visi sekolah.
Mewujudkan budaya positif harus dilakukan sejak dini mengingat dalam prosesnya membutuhkan waktu yang lama dan konsisten dari setiap stakeholder yang ada. Sebagai guru penggerak, tentu memiliki peran yang besar dalam mewujudkan disiplin positif, baik di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah.
Di lingkungan sekolah, guru dapat menerapkan budaya positif seperti bekerja sama dengan rekan sejawat, berinteraksi secara akrab dengan murid, menerapkan sikap disiplin dan bertanggung jawab serta menjadi teladan bagi setiap murid. Sedangkan di lingkungan kelas, salah satu langkah yang guru dapat lakukan adalah membangun budaya positif melalui komunikasi yang efektif dan pembelajaran aktif.
Komunikasi efektif dan pembelajaran aktif memiliki dampak yang besar terhadap keberhasilan pembelajaran. Apabila guru menyampaikan pesan atau materi pembelajaran menggunakan komunikasi yang efektif, selain itu dapat membangun pembelajaran yang aktif maka akan berpengaruh pada peningkatan pemahaman murid yang pada akhirnya akan mempengaruhi perubahan tingkah laku murid.
Selain itu pembelajaran juga lebih menyenangkan bagi murid. Perubahan tingkah laku ini juga akan berujung pada terbentuknya budaya positif di kelas. Untuk itu, komunikasi efektif tidak hanya digunakan dalam pembelajaran saja, namun perlu juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan demikian, untuk membangun budaya positif di sekolah langkah yang dapat ditempuh adalah memulainya dengan membangun budaya positif di kelas melalui komunikasi efektif dan pembelajaran aktif yang melibatkan murid.
- Deskripsi Aksi Nyata
- Tujuan
a. Meningkatkan interaksi antara guru dan murid ke arah yang positif.
b. Meningkatkan motivasi dan wawasan pengetahuan murid.
c. Melalui komunikasi efektif dan pembelajaran aktif, murid mampu berperan aktif dalam pembelajaran di kelas, bekerja sama, dan saling menghargai sesama teman.