Lihat ke Halaman Asli

Fitri Handayani

Mahasiswa UIN Suska

Daya Tarik Objek Wisata Teluk Jering (Pulau Cinta) Kabupaten Kampar

Diperbarui: 12 Mei 2023   00:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Salah satu pariwisata yang dapat menunjang perekonomian daerah yang ada di Kabupaten Kampar adalah Teluk Jering yang terdapat di Dusun III Desa Teluk Kenidai, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. 

Objek wisata ini lebih terkenal dengan sebutan pulau cinta. Banyak wisatawan lokal dari berbagai daerah khususnya provinsi Riau yang mengunjungi objek wisata ini. 

Pengembangan objek wisata ini dilakukan dengan petunjuk jalan, spot foto, dan sosial media. Pengembangan dari objek wisata ini berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar. 

Perkembangan objek wisata tergantung kepada kunjungan dari para wisatawan. Objek wisata ini dapat menambah pendapatan daerah. Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten yang ada di Riau yang memiliki potensi objek wisata yang besar. 

Untuk sampai di Teluk Jering ini menempuh kurang lebih 40 menit dari Pekanbaru, serta dapat ditempuh menggunakan kendaraan roda 4 dan 2. Fasilitas yang terdapat di Teluk Jering ini berupa banana bout, donut bout, spead boat, dan kapal hias. Serta terdapat spot foto. Diperlukan pengelolaan dan mengembangan dari objek wisata ini agar untuk mempertahankan jumlah kunjungan. Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan suatu objek wisata yaitu:

- Harus mempunyai sesuatu yang menarik untuk dilihat dan berbeda dari objek wisata lain.

- Harus tersedia kegiatan yang dapat dilakukan oleh visitor.

- Harus tersedia dengan apa yang disebut dengan something to buy.

Pengembangan dari objek wisata ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, karena dapatmembantu perekonomian masyarakat sekitar serta dapat meliputi banyak pihak. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline