Lihat ke Halaman Asli

Fitri Wulandari

Berbuat baiklah hari ini, hadiahnya besuk, sisanya lusa

Membantu Memperkenalkan Penggunaan Sosial Media sebagai Sarana Promosi Bisnis

Diperbarui: 30 September 2021   15:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Dengan tema 'Peberdayaan Ekonomi Masyarakat", dimana situasi pandemik di Indonesia saat ini masih belum berlalu, dan melumpuhkan sektor ekonomi terlebih kalangan ekonomi masyarakat menengah bawah, membuat Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Sukoharjo (UNIVET) diwajibkan turun tangan, membantu, mendorong pelaku UMKM agar tetap bertahan sebagaimana dalam kehidupan normal sebelum pandemik Covid-19 melanda Nusantara.

Untuk sedikit memulihkan para pelaku UMKM, Fitri Wulandari selaku mahasiswa UNIVET ini menggagas program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan tugas mahasiswa untuk melakukan pengabdian pada masyarakat sekitar, dengan membantu memudahkan beban permasalahan masyarakat selama pandemi.

Di Perumahan Sendang Siwani, Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, adalah dimana tempat Fitri melakukan pengabdian sosial ekonomi kemasyarakatan. Fitri menemui salah satu pelaku UMKM yang menjual Jahe Serbuk dan Jahe Sirup milik Ibu Sumiyati. Ibu Sumiyati adalah penjual jamu jahe yang yang mana selama ini penjualannya menurun.

Untuk membantu Ibu Sumiyati, Fitri membantu memasarkan melalui jejaring sosial. Sebelumnya Ibu Sumiyati pernah menggunakan media sosial untuk penjualannya. Hanya saja terkendala karena belum terbiasa menggunakan media sosial. Ia menggunakan media sosial seperti whatsap dan instagram, hanya saja tidak mengunakan fitur bussines.

"Mayoritas masyarakat Desa Singodutan sudah tidak asing lagi dengan media sosial . Potensi untuk membuka usaha di media sosial marketing sangat besar. Oleh karena itu, mahasiswa saya mencoba memperkenalkan media sosial marketing, sehingga tepat pada sasaran," kata Fitri Wulandari, Mahasiswi Jurusan Menejemen UNIVET.

Media sosial di masyarakat sudah tidak asing, maka sangat efisien untuk membuka usaha berbasis sosial media. Apalagi ketika penerapan karantina saat ini. Fitri berharap, ke depan masyarakat bisa berwirausaha dengan mengunakan media sosial marketing. Hal tersebut dapat menghemat biaya promosi dan memperluas pemasaran.

Tidak hanya itu, sosialisai strategi marketing dan pemahaman tentang pentingnya branding juga disampaikan pada masyarakat. Dengan tujuan mengajak UMKM untuk terus mengembangkan usahanya dengan baik dalam menghadapi persaingan pasar yang lebih ketat saat ini.

Fitri selaku Mahasiswa KKN UNIVET ini menganggap meskipun pendemi Covid-19 ini berdampak buruk dan menghambat perekonomian, UMKM bisa bersaing dengan pintar untuk menghadapi era new normal saat ini. Salah satunya menggunakan media sosial marketing.

"Semua kegiatan dilakukan tetap sesuai dengan protokol kesehatan sehingga perekonomian terus berjalan," Ujar Fitri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline