Lihat ke Halaman Asli

Pesona Teluk Saleh: Tarano

Diperbarui: 5 November 2023   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Dokumentasi The langka travel) 

Pesona teluk saleh : Tarano


Sumbawa memiliki banyak sekali tempat wisata,salah satunya adalah di Teluk Saleh yang teletak di Desa Labuan jambu, Kab.Sumbawa, NTB. Wisata Teluk Saleh ini di Apit oleh dua pulau yaitu pulau Moyo dan pulau Tambora.Teluk saleh ini seluas 2.000 km,disini kita disuguhkan dengan keindahan pantainya dan Air lautnya sangat bersih.


Wisata teluk saleh ini terkenal dengan adanya Hiu paus yang biasa di sebut oleh warga setempat dengan nama pakek torok.Jika kita pergi ke wisata teluk saleh menggunakan kendaraan sepeda motor,mobil dll,biasanya warga setempat menempu waktu 20 menit dan jika dari kota Sumbawa menempu perjalanan dengan waktu 2 jam atau lebih.
Jika wisatawan ingin melihat Hiu paus maka mereka harus pergi pagi hari karena tranfortasi untuk melihat hius paus tersebut digunakan oleh pemiliknya untuk pergi nelayan kalau sore harinya maka dari itu wisatawan diajurkan untuk pergi pada pagi harinya.Tranfortasi yang digunakan ada bego atau but yang biaya sewanya sebesar Rp.50.000 perorangnya,disana nanti wisatawan akan melihat langsung hiu paus tersebut dan jika wisatawan ingin snorking atau berintaraksi langsung dengan hiu paus.Nanti kalau
wisatawan snorking barang hiu paus mereka tidak boleh telalu dekat mimal jaga jarak 3 m kalau ingin memotret hiu paus wisatawan harus mematikan blitz kamera mereka karena itu dapat berdampak pada
hiunya.

                                                           

(Dokumentasi The langka travel) 


Dampak adanya wisata tersebut bagi warga setempat
1.But/bego yang mereka punya bisa disewakan untuk wisatawan
2.Warga setempat bisa membuka usaha kecil-kecilan seperti,jualan minuman dan makanan.
3.Mereka juga dapat menyewa rumah/Hotel mereka kepada wisatawan.
4.Menyewakan bagan dan kru bagan mereka kepada wisatawan itu juga udah termasuk untuk umpan yang akan kita berikan kepada Hiu Paus tersebut.


Harga sewa yang setiap fasilitas yang akan digunakan
1.But/bego rp.50.000 perorang
2.minuman dan makanan rp.5.000-10.000
3.perumahan/hotel rp.50.000 perorang kalau semalam
4.bagan dan kru bagan termasuk juga umpan yang diberikan ke hiu paus Rp.1.550.000 perbagan

Aktivitas Wisata
1. Snorkeling dan Diving

 Teluk Saleh menawarkan pengalaman snorkeling dan diving yang menakjubkan. Anda dapat menjelajahi kehidupan bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan beragam spesies ikan yang berwarna-warni.

2. Bermain di Pantai

 Pantai pasir putih yang lembut adalah tempat yang ideal untuk berjemur, bermain pasir, atau berenang. Airnya tenang dan cocok untuk berenang, terutama bagi anak-anak.

3. Trekking dan Petualangan  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline