Lihat ke Halaman Asli

Fitrah Suci

Mahasiswa

Manajamen Strategi Ekonomi Agribisnis dalam Konteks Ilmu Ekonomi Mikro

Diperbarui: 27 Desember 2023   08:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Penelitian Ini difokuskan untuk mendeskripsikan manajemen strategi ekonomi agribisnis dalam konteks ilmu ekonomi mikro. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 

1.) Manajemen strategis merupakan proses untuk membantu organisasi dalam merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan dan tindakan manajerial yang membuat organisasi mampu mencapai tujuan secara efektif.

2.) Manfaat manajemen strategi secara umum ialah sebagai sarana mengkomunikasikan tujuan perusahaan dan jalan yang hendak ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, berbagai pihak, khususnya yang memiliki kepentingan langsung, dapat lebih memahami peluang dan tantangan bisnis yang dihadapi. Mereka akan memiliki kepekaan yang cukup terhadap lingkungan bisnis dan di saat yang sama memiliki kesiapan yang cukup jika sekiranya perusahaan memutuskan untuk melakukan perubahan internal.

3.) Manajemen strategi agribisnis ialah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian pengkoordinasian, untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien dalam pengembangan usaha yang berbasis pertanian mulai dari proses pengadaan bahan pengelolaan hingga proses pendistribusian hasil panen.

4.) Elemen dasar dari proses manajemen strategi meliputi pengamatan lingkungan perumusan strategi implementasi strategi, serta evaluasi dan pengendalian keyword: manajemen strategi, agribisnis, mikro Ekonomi.

Jadi manajemen strategis merupakan proses untuk membantu organisasi dalam merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan dan tindakan manajerial yang membuat organisasi mampu mencapai tujuan secara efekti. Adapun manfaat manajemen strategi secara umum ialah sebagai sarana mengkomunikasikan tujuan perusahaan dan jalan yang hendak ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut dengan demikian, berbagai pihak khususnya yang memiliki kepentingan langsung, dapat lebih memahami peluang dan tantangan bisnis yang dihadapi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline