Lihat ke Halaman Asli

Aldy Fitifaldy

Wiraswasta

Blackle: Search Engine Alternatif yang Hemat Energi

Diperbarui: 26 Juni 2015   11:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

12912973301462598639

Gencarnya kampanye Go Green ataupun hemat energi, kini disambut pula oleh para developer perangkat lunak. Ini terbukti dengan hadirnya search engine (mesin pencari) yang hebat energi. Dengan latar belakang hitam, Blackle search enginediluncurkan. Blackle dibuat oleh Heap Media untuk mengingatkan kita semua bahwa perlu melakukan langkah kecil dalam kehidupan sehari-hari kita dalam menghemat energi. Blackle didukung pula oleh Google Custom Search.

Pada Blackle, gambar yang ditampilkan hanya pada bagian fungsi dari pengaturan warna pengguna dan grafis desktop, serta warna dan ukuran jendela aplikasi yang terbuka. Daya yang dibutuhkan oleh monitorakan lebih banyak saat menampilkan layar (atau cahaya) putih daripada hitam (atau gelap)layar, oleh karena itu Blackle dibuat dengan latar hitam.

Pada bulan Januari 2007 sebuah posting blog berjudul “Black Google akan menghemat 750 Megawatt /jam dalam setahun”, mengajukan teori bahwa versi hitam dari search engine Google akan memberi andil dalam menghemat energi karena popularitas penggunaan mesin pencari ini di seluruh dunia.Sejak itu sempat ada keraguan tentang pentingnya penghematan energi dan biaya yang dapat dicapai dengan menggunakan halaman web dengan latar belakang hitam. Namun tim Blackle mengatakan, mereka percaya bahwa ada nilai lebih dalam konsep tersebut meskipun energi yang dihemat kecil, namun itu akan menjadi langkah awal dalam melakukan penghematan energi.

Jadi mulailah berhemat energi sebagai langkah awal dengan mengatur Blackle sebagai home page. Dengan cara ini setiap kali me-load browser internet, akan menghemat sedikit energi.Ingat setiap jumlah bit akan dihitung. Dan akan diingatkan perlunya menghemat energi setiap kali melihat halaman Blackle.

Blackle.com

1291297534183088629

Blackle.com

ITMag | fitifaldy.iblogger.org |

Personal Blog | ibee.iblogger.org |




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline