Lihat ke Halaman Asli

Fita Aprilia

Mahasiswa

Memeriahkan HUT Klaten ke -218 dengan GEMARIKAN sebagai Upaya Pencegahan Stunting

Diperbarui: 16 Agustus 2022   08:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu potensi perairan Indonesia yaitu Sumberdaya alam yang melimpah termasuk banyak spesies ikan yang dapat dikonsumsi. Menurut Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) merupakan upaya meningkatkan gizi masyarakat Indonesia serta minat untuk mengkonsumsi ikan.

"Untuk memeriahkan hari jadi kota Klaten yang ke-218 Kecamatan Tulung mengadakan lomba cipta menu kudapan bagi anak berbahan dasar ikan sebagai upaya pencegahan stunting yang diadakandi Gedeng Graha Wiguna Desa Gedongjetis pada Rabu (03/08). Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Tulung dan Bidan dari Puskesmas Tulung sebagai juri. Dengan peserta sebanyak 16 team dari perwakilan desa sekecamatan Tulung", kata Bapak Edi selaku panitia lomba cipta menu.

Dokpri

Salah satu mahasiswi KKN TIM II UNDIP dari jurusan budidaya perairan mendapatkan kesempatan untuk melakukan sosialisasi GEMARIKAN kepada peserta lomba. Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan sedikit pengetahuan mengenai manfaat ikan bagi kesehatan, contoh ikan beserta kandungan gizinya dan bagaimana cara untuk membedakan ikan segar dan tidak segar.

Sosialisasi diikuti dengan antusias oleh peserta lomba dari awal hingga akhir acara. Sebelum pemaparan dimulai para peserta diberikan booklet kemudian peserta diberikan quiz yang berhadiah.

Diharapkan dengan adanya program dari pemerintah ini masyarakat dapat menerapkan pencegahan stunting sejak dini. Selain itu, juga memotivasi ibu-ibu agar memberikan gizi terbaik bagi keluarganya khususnya bagi anak-anak. Serta dapat menurunkan kasus stunting di desa Gedongjetis, sehingga terbentuk generasi yang sehat dan cerdas.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline