Lihat ke Halaman Asli

Fismo Club

ORMAWA Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Trash Challenge #6: Beach Clean Up dan Pelepasan Tukik

Diperbarui: 17 Juli 2024   18:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fismo Club UMY

Trash Challenge: Beach Clean Up dan Pelepasan Tukik untuk Kelestarian Alam

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu aspek penting untuk menjaga kelestarian alam dan kesehatan masyarakat. Trash challenge hadir untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan, khususnya di pantai yang terkadang terjadi penumpukan sampah. Progam kerja Trash Challenge sendiri diusung langsung oleh divisi lingkungan hidup Fismo Club Universitas Muhammdiyah Yogyakarta.Seperti tahun kemarin Trash Challenge di lakukan kembali di Pantai Pelangi Yogyakarta. Program kerja ini tidak hanya bertujuan untuk membersihkan sampah dipantai, namun mengedukasi masyrakat pentingnya akan kebersihan lingkungan dan melestarikan kehidupan laut. Selain pembersihan sampah disekitar pantai kegiatan lainnya yakni edukasi konservasi penyu, fun camping, pelepasan tukik dan penanaman pandan laut.


Kegitan ini dilakukan pada tanggal 6-7 Juli 2024 dengan tema "Langkah Lestari, Hidupkan Bumi", " langkah itu menurutku 1 kata yang punya banyak makna tersirat, salah satunya di setiap kita melangkah itu pasti ada 'kemajuan/proses' untuk sesuatu yang lebih baik lagi dari sebelumnya, jadi disini aku berharap setiap langkah langkah kita untuk pelestarian lingkungan ini bisa berdampak besar buat 'kehidupan' bumi" Ujar Jo selaku ketua pelaksana Trash Challenge.


Trash Challenge kali ini diramaikan langsung oleh anggota Fismo Club serta masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMY. "Fismo berperan sebagai penyelenggara kegiatan dan penanggung jawab kegiatan Trash Challenge sendiri, berkolaborasi dengan 4K mulai dari beach clean up, konservasi penyu dan juga penanaman pandan laut" keterangan Jo.
Adanya kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Fisipol dengan keikutsertaannya dalam meramaikan kegiatan untuk selalu memberikan langkah kecil dalam kelestarian lingkungan hidup. "Dengan kita berbuat baik pada alam maka alam pun akan memberikan kebaikan kepada kita" ucap Jo.


Trash Challenge yang dilakukan bukan hanya semata-mata aksi bersih-bersih, namun sebuah gerakan sosial yang mengajak masyarakat akan peduli pada lingkungan. Dengan semangat kebersamaan dan cinta alam, mari kita jaga kebersihan lingkungan sekitar untuk generasi mendatang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline