Lihat ke Halaman Asli

Fismo Club

ORMAWA Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Segitiga Angel: Program Pengabdian Fisipol Society Empowerment Club Sejak 2021

Diperbarui: 13 Juni 2024   17:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Segitiga Angel/dokpri

FISIPOL SOCIETY EMPOWERMENT CLUB (FISMO CLUB) HADIRKAN PROGRAM KERJA PENGABDIAN SEJAK TAHUN 2021

Fisipol Society Empowerment Club (Fismo Club) merupakan sebuah organisasi filantropi yang bergerak dalam tiga bidang ranah gerak yaitu: Sosial dan Masyarakat, Pendidikan dan Pengajaran, serta Lingkungan hidup yang di inisiasi langsung oleh mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pada tahun 2021 terbentuklah sebuah program kerja baru Fismo Club yaitu Segitiga Angel, sebuah program kerja kolaborasi dari tiga divisi; Sosial Masyarakat, Pendidikan dan Pengajaran, dan Lingkungan Hidup.

"Tujuan awal menginisiasi Program Kerja Segitiga Angel adalah untuk menjawab nama yang melekat menjadi identitas organisasi ini, yaitu "Empowerment". saya selaku Kepala Divisi Sosial dan Masyarakat waktu itu bersama Kepala  Divisi Lingkungan Hidup dan Kepala Divisi Pendidikan & Pengajaran sepakat untuk menyempurnakan program pemberdayaan yang dimiliki FISMO CLUB melalui kolaborasi antar tiga divisi, yang pelaksanaannya tidak terlepas dari kontribusi seluruh sumber daya FISMO CLUB guna mengurangi peluang ketimpangan yang terjadi antar divisi maupun anggota. 

Sesuai namanya, "Segitiga" menyimbolkan 3 divisi yang ber kolaborasi sebagai kaki utamanya, dimana Divisi Sosial dan Masyarakat dengan prioritas memberdayakan sumber daya manusianya, Lingkungan Hidup dengan dampak lingkungannya, serta Pendidikan & Pengajaran dengan pengajarannya. 

Sementara kata "Angel" kami ambil dari Bahasa Jawa yang berarti "Susah/Sulit", sebagai pengingat bagi kami bahwa melakukan pemberdayaan bukanlah hal yang gampang juga sederhana, melainkan aktivitas yang diperhatikan sedemikian rupa dan dilakukan secara berkelanjutan dalam kurun waktu lintas periode," ucap Kepala Divisi Sosial dan Masyarakat periode 2021/2022, Lastrafila, (11/06).

Setelah observasi pada periode pertama selesai, pada periode kedua pelaksanaan segitiga angel, Fismo Club belajar langsung dengan seorang ahli kelengkeng dari telaga nursery bernama H. Isto Suwarno ,SE. "kita belajar tentang budidaya kelengkeng sebelum bounding bareng warganya, istilahnya sebelum kita terjun untuk bantu-bantu warga di termin kedua kemarin, kita belajar dulu sama pak Isto ini, biar nantinya waktu di desa kita bisa diskusi langsung sama warga," ucap Ariq Aulia sebagai salah satu Steering Committe saat periode kedua lalu.

Sudah 2 tahun lebih sejak berdirinya program kerja segitiga angel hingga sampailah pada kesempatan ini kami mengadakan kegiatan penghijauan bersama 10 perwakilan masyarakat fisipol yaitu menanam pohon di desa Daren Lor agar masyarakat fisipol juga dapat hadir menjadi bagian dari desa Daren Lor harapannya pohon tersebut dan bibit tanaman yang dibagikan kepada warga dapat bermanfaat. 

Selain itu panitia segitiga angel juga menambahkan kegiatan mini tour dengan sedikit menjelaskan sejarah mengenai desa Daren Lor, mengenalkan pesona kelengkeng dan ikut merawat kelengkeng dengan memberi booster agar pohon kelengkeng yang sudah dirawat bersama Fismo 2 tahun kebelakang ini bisa menghasilkan buah yang sempurna.

Tim Publikasi dan Dokumentasi segitiga angel pada periode ini menginisiasi adanya output pembuatan Film Dokumenter yang berisi tentang penjelasan sejarah singkat, proses perkembangan desa menjadi desa kelengkeng, penanaman kelengkeng yang baik, dan sedikit harapan untuk Fismo Club kedepannya. 

Warga Daren Lor sudah sangat menerima sekali kehadiran Fismo didalamnya, bounding yang sudah di bangun dengan baik membuat hubungan antara warga, perangkat desa dengan Fismo terjalin dengan erat. Setiap minggunya jika ada kegiatan kunjungan rutin, hal yang ditunggu-tunggu oleh warga adalah kedatangan Fismo Club. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline