Lihat ke Halaman Asli

Yuliana

Praktisi Fisioterapi

Begini Cara Mudah Mengatasi Sakit Pinggang Akibat Saraf Terjepit

Diperbarui: 13 September 2024   12:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: stockcake.com

Bagi Anda yang mengalami sakit pada pinggang bawah yang menjalar hingga ke bokong, paha belakang, betis, atau hingga ke telapak kaki, berikut cara yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan. Adapun tips berikut dibagi dalam 3 bagian yaitu nyeri akut, sub akut, dan nyeri kronik.

Sumber: unsplash.com

1. Nyeri Akut dan Sub Akut

Ciri nyeri akut yaitu nyeri dengan aktualitas tinggi ( nyeri hebat), keluhan berlangsung antara 1 - 3 hari, keluhan diperburuk dengan aktivitas seperti berdiri, duduk, dan berjalan, serta penurunan kemampuan fungsional, personal hiegine (mandi/membersihkan diri), berpakaian, dan beraktivitas/bekerja. Nyeri akut dapat disertai pembengkakan yang biasanya dapat terlihat pada cidera lutut, pergelangan kaki, atau siku. 

Pada cidera pinggang bawah, nyeri akut ditandai dengan nyeri hebat dan penurunan fungsi gerak. Seseorang dengan nyeri akut pinggang bawah sebagian besar berjalan dengan posisi lutut menekuk, punggung membungkuk, dan membutuhkan alat bantu berjalan seperti walker atau kursi roda. 

Bila Anda mengalami nyeri pinggang mendadak setelah melakukan kegiatan tertentu atau setelah bangun tidur, dalam kondisi nyeri hebat, ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk membantu Anda mengurangi nyeri hebat tersebut yaitu:

a. Posisikan tubuh tidur dalam posisi miring, gunakan bantal untuk menyanggah lengan dan di antara kedua lutut. Posisi tidur miring pada sisi yang tidak sakit. 

Sumber: commons.m.wikimedia.org

b. Kompress pinggang bawah menggunakan es  atau cool pack selama 15 menit. Dapat diulangi 2 hingga 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut.

Sumber: goodrx.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline